Polsek Penukal Utara Hadiri Pelantikan Anggota KPPS Kecamatan Penukal Utara.

Pali, Beritapali.com – Kapolsek Penukal Utara IPTU Fredy Franse Triwahyudi, SH, menghadiri kegiatan Pelantikan Anggota KPPS Kecamatan Penukal Utara, kabupaten PALI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)

 

Kegiatan pelantikan tersebut berlangsung pada pukul 08.00, WIB, bertempat di Gedung Serbaguna Desa Tanding Marga Kecamatan Penukal Utara pada Kamis (25/01/2024).

 

Adapun banyaknya Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dilantik hari ini berjumlah 525 orang, hasil seleksi pengumuman pada 29-30 Desember 2023 tahun lalu.

 

Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K, M.H, melalui Kapolsek Penukal Utara IPTU Fredy Franse Triwahyudi SH mengharapkan,

Para KPPS yang dilantik dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dalam melaksanakan pemungutan suara di TPS masing-masing dan bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam mensukseskan Pemilu 2024.

 

Dijelaskan, KPPS yang dilantik ini berdasarkan PKPU Nomor 8 Tahun 2022 Pasal 1 ayat (9), KPPS adalah petugas yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menjalankan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

 

” Peran utama KPPS adalah menjaga integritas dan transparansi selama kegiatan pemilu, termasuk perhitungan suara pada 14 Februari 2024 mendatang,” jelasnya.

 

Lanjutnya, tugas Anggota KPPS Pemilu 2024

Berdasarkan buku Panduan KPPS oleh KPU, tugas anggota KPPS Pemilu 2024 dibagi menjadi beberapa peran, sesuai dengan kebutuhan dan kelancaran pemungutan suara di TPS.

 

” Tugas KPPS dalam pemungutan dan penghitungan suara di TPS adalah mewujudkan kedaulatan pemilih, melayani pemilih dengan hak pilihnya, serta memberikan akses dan layanan kepada pemilih disabilitas,” ujarnya.

 

Dalam menjalankan tugas tersebut, kata Kapolsek, KPPS diharapkan memiliki transparansi, netralitas, tingkat akurasi yang tinggi, dan bertanggung jawab. Dengan demikian, nilai-nilai demokrasi yang dapat dibanggakan dapat terwujud.

Baca Juga:  Edi Firdaus (41), harus berurusan dengan Polsek Penukal Abab diduga melakukan dugaan kasus Tindak Pidana pengancaman.

 

Kegiatan tersebut berakhir pukul 10.00, WIB, dan dihadiri oleh Ketua Panwascam Penukal Utara, Camat Penukal Utara, Kapolsek Penukal Utara, Ketua PPK Kecamatan Penukal Utara, Kepala Sekretariat Panwascam Penukal Utara.

 

Selain itu juga ada Anggota Intel Polsek Penukal Utara, Babinsa Tanding Marga, dan Seluruh anggota KPPS yang dilantik se-kecamatan Penukal Utara.

 

(Rahasmin/Tim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *