Kapolsek Tanah Abang bersama instansi meninjau lokasi banjir di Kecamatan Tanah Abang.

Pali, Beritapali.com – Wakil Bupati PALI, Drs. H. Soemarjono, melaksanakan kunjungan ke Wilayah Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI sebagai respon terhadap luapan air Sungai Lematang yang menyebabkan banjir. Pada Selasa, (16/01/2024).

Dalam upaya meninjau lokasi terdampak banjir dan memberikan bantuan sosial (BANSOS) kepada warga, kunjungan ini menonjolkan sikap tanggap dan kepedulian pemerintah.

Kegiatan dihadiri oleh berbagai unsur, termasuk Wakil Bupati PALI Drs. H. Soemarjono, Kepala BPBD Kabupaten PALI,A. Hidayat, ST.MM, Kapolsek Tanah Abang, AKP Darmawansyah, S.H., M.H, Camat Tanah Abang diwakili Sekcam Tanah Abang Darmawan, SH, dan perwakilan lainnya.

Hal ini mencerminkan sinergi antara pemerintah daerah, kepolisian, dan masyarakat dalam menghadapi bencana alam.

Adapun ke 11 (sebelas) Desa yang terdampak banjir Yaitu Desa Bumi Ayu, Desa Tanah Abang Selatan, Desa Tanah Abang Utara, Desa Muara Sungai, Desa Curup, Desa Sukaraja, Desa Sedupi, Tanjung Dalam, Desa Pandan, Desa Modong, dan Desa Lunas Jaya.

Selanjutnya Wakil Bupati PALI Drs. H. Soemarjono didampingi unsur Forkompinda menyambangi warga di desa-desa yang terdampak luapan debit air sungai Lematang lalu kemudian memberikan bantuan sembako kepada warga.

Adapun desa yang mendapatkan bantuan meliputi Tanah Abang Utara, Tanah Abang Selatan, dan Bumi Ayu.

Sementara Kapolsek Tanah Abang AKP Darmawansyah, S.H., M.H beserta Personil Polsek Tanah Monitoring dan Patroli pengecekan Debit Air / Volume banjir di wilayah Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

“Bila terjadi hujan dengan intensitas semakin tinggi, tidak menutup kemungkinan ke 11 (sebelas) Desa yang berada di pinggiran sungai lematang dan Sungai Perayun (aliran anak Sungai Lematang) dalam wilayah kecamatan Tanah Abang Debit Air / Volume Banjir akan semakin meningkat / dalam,” ujar Kapolsek Tanah Abang

Baca Juga:  Polres Pali melalui Polsek Penukal Abab melaksanakan Kegiatan KRYD.

Kapolsek Tanah Abang AKP Darmawansyah, S.H., M.H menyampaikan Kunjungan tersebut melibatkan silaturahmi dengan Pemerintahan Kecamatan Tanah Abang, pemantauan wilayah terdampak, dan pemberian bantuan sosial berupa sembako kepada warga yang membutuhkan.

“Kunjungan Wakil Bupati PALI guna menunjukkan rasa empati kepada masyarakat yang terdampak banjir di wilayah Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI,” ucapnya

Lanjutnya, Pada saat yang sama, dilakukan monitoring dan patroli untuk mengukur kedalaman air dan volume banjir di beberapa desa.

“Adapun Hasilnya menunjukkan peningkatan kedalaman air akibat curah hujan tinggi, namun tanpa korban jiwa atau kerugian materil,” jelas Kapolsek Tanah Abang

AKP Darmawansyah, S.H., M.H juga mengatakan bahwa Wakil Bupati, bersama Forkompinda, tidak hanya memberikan bantuan secara langsung, tetapi juga menyambangi warga di desa-desa terdampak.

Kapolsek juga menyampaikan kemungkinan masih ada warga yang belum menerima bantuan sosial, serta potensi kesalahan dalam penyaluran.

“Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi antara Polres Pali, Pemkab Pali, dan instansi terkait untuk memastikan distribusi bantuan sosial tepat sasaran, ungkap AKP Darmawansyah

Kapolsek Tanah Abang juga merekomendasikan agar tim kesehatan diterjunkan untuk memberikan layanan kesehatan kepada warga yang terdampak banjir.

“Dalam hal ini, koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pali dan Puskesmas Tanah Abang diharapkan dapat memastikan distribusi obat-obatan yang diperlukan,” tuturnya

Lebih lanjut, Kapolsek Tanah Abang AKP Darmawansyah menjelaskan adapun Posko Banjir di Desa Curup menjadi pusat koordinasi yang melibatkan BPBD Kabupaten PALI, Kecamatan Tanah Abang, Polsek Tanah Abang, dan Puskesmas Tanah Abang.

“Dengan adanya langkah-langkah respons cepat dan kolaborasi antarinstansi, diharapkan dampak buruk banjir di wilayah Kecamatan Tanah Abang dapat dikelola dengan efektif, sementara masyarakat yang terdampak mendapatkan bantuan dan perhatian yang cukup,” pungkasnya.

Baca Juga:  Yayasan Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Tarbawi Menggelar Acara Penyembelihan Hewan Qurban

(Rahasmin/Tim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *