Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada Serentak, Dit Intelkam Polda Sumsel Bersinergi Bersama Pokdarkamtibmas 

Palembang # Beritapali.com – Untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban jelang Pilkada serentak, Direktorat Intelkam Polda Sumsel bersinergi bersama Pokdarkamtibmas provinsi Sumsel.

Hal ini terungkap saat Direktur Intelkam Polda Sumsel Kombes Pol Iskandar F Sutisna SIK MSi membuka Fokus Group Discucion (FGD) yang di selenggarakan di Hotel The Jayakarta Daira Jalan Jenderal Sudirman No 153 Sungai Pangeran Kecamatan Ilir Timur I Palembang pada Jum’at (14/6/24) yang lalu.

Menurut Kombes Pol Iskandar F Sutisna, dengan ada acara ini semoga bisa berkomunikasi, tukar pikiran dan bisa mendapat pelajaran, serta bisa membawa manfaat kepada masyarakat, dengan memberikan rasa aman kepada masyrakat khususnya menjelang pilkada serentak pada tahun 2024.

“Pemilukada merupakan momentum penting dalam kehidupan Demokrasi kita, dimana rakyat akan menentukan pemimpin mereka untuk lima tahun kedepan,” ujarnya.

Alumni Akpol 91 ini juga menambahkan, sebagai aparat keamanan kami dari pihak Polri berkomitmen untuk menjaga situasi Kamtibmas kondusif selama proses Pemilukada berlangsung, kami siap bekerja keras untuk memastikan setiap tahapan Pemilukada, mulai dari kampanye, pemungutan suara hingga perhitungan suara berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Dalam kesempatan ini saya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan kemanan hindari tindakan provoaktif yang dapat memicu konflik, selalu utamankan dialog dan musyawarah dalam menyelesaikan masalah,” jelas mantan Kabid Humas Polda Jateng.

Sementara itu, Wadir Binmas Polda Sumsel AKBP Imam Tarmudi SIK MH menyebutkan bahwa, kebutuhan dasar manusia dalam mempertahankan keberadaannya antara lain, adalah kebutuhan akan rasa aman, yang dalam hal ini diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat secara menyeluruh dari berbagai sektor kehidupan secara serasi, selaras dan seimbang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Baca Juga:  Rektor UnSri Anis Saggaff Resmikan Gedung Klinik Kesehatan Dan UTM Research Center.

“Sebagaimana ditegaskan dalam Undang-undang No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia BAB I Pasal 3 ayat 1c, pengembangan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat tetap bertumpu pada sistem Pengamanan Swakarsa, dan Kiat Pembinaan Kesadaran Masyarakat terhadap Kamtibmas sudah dilaksanakan sejak tahun 1984 oleh Kelompok Masyarakat Peduli Keamanan Lingkungan,” terangnya.

Menurut AKBP Imam Tarmudi, hal ini harus ditingkatkan secara terus menerus oleh pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia khususnya Polda Sumatera Selatan bersama dengan Pokdarkamtibmas Bhayangkara.

“Pada hakekatnya Pokdarkamtibmas Bhayangkara yang sadar akan keamanan dan Ketertiban Masyarakat adalah mitra POLRI dan atau Pemerintah, yang dalam usahanya selalu menjadi pelopor dengan segala daya upaya dan kegiatan yang terencana serta sistematis didalam menyiapkan, membentuk, serta membina masyarakat yang peduli keamanan lingkungan,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Pokdarkamtibmas provinsi Sumsel Mr. Soki SH MH juga ikut menambahkan, bahwa Pokdarkamtibmas siap membantu Polri terutama Polda Sumsel dalam menjaga stabilitas keamanan menjelang Pilkada serentak 2024.

“Kami berkomitmen untuk bersama-sama membantu Polda Sumsel dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat, dengan sumber daya yang ada di Pokdarkamtibmas Sumsel,” tutupnya.

Acara FGD ini juga dihadiri oleh, Plt Wadir Intelkam Ditintelkam Polda Sumsel AKBP Sobirin, Kasubdit IV Kamneg Ditintelkam Polda Sumsel AKBP Alex Ramdan, Kasubdit III Sosbud Dirintelkam Polda Sumsel AKBP Sukarminto, dan Kasubdit Ekonomi Ditintelkam Polda Sumsel AKBP Afria Jaya.

Turut hadir, mantan Ketua Bawaslu Sumsel DR. Junaidi, SE, MSi, Ketua Pokdarkamtibmas Provinsi Sumsel Mr Soki SH MH, Sekjen Pokdarkamtibmas Sumsel Idasril Faisal Tanjung SE SH MM MH, Kabid Humas Pokdarkamtibmas Sumsel Suherman dan seluruh anggota Pokdarkamtibmas provinsi Sumsel.(Cha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *