WASPADA BENCANA ALAM, DANDIM 0409/RL BERSAMA FORKOPIMDA GELAR APEL KESIAPSIAGAAN

Beritapali.Com |Palembang – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam di Kabupaten Kepahiang, Dandim 0409/RL bersama Pemda dan TNI-Polri, melaksanakan Apel Kesiapsiagaan guna  mempersiapkan diri secara dini untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam, bertempat di halaman Kantor Bupati Kepahiang, Selasa (04/04/23).*_

Pada kesempatan yang sama Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, M.M., IPU., mengatakan berdasarkan laporan dari Badan Metereologi dan Geofisika bahwasanya di Kabupaten Kepahiang rawan akan longsor dan banjir. Untuk itu, dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam, sedini mungkin harus disiagakan personil dan peralatan termasuk SDM dalam menangani jika terjadi bencana alam.

Selanjutnya Dandim 0409/RL Letkol inf Moch. Renaldy Herbowo, S.Sos., M.Si., mengatakan, bencana alam terjadi secara mendadak dan tidak dapat diprediksi. karena itu perlu adanya kelancaran komunikasi dan koordinasi kepada seluruh stakeholder untuk penanganan  bencana alam dapat dilakukan secara cepat dan bermanfaat, sehingga dapat mengurangi terjadinya  hal-hal yang lebih buruk.

Lebih lanjut Dandim juga menyampaikan bahwa, Kodim 0409/RL dan Koramil jajarannya siap bersinergi dengan instansi terkait sebagai garda terdepan dalam penanggulangan bencana alam sehingga dapat bertindak cepat dan tepat bila terjadi bencana alam.

“Selain itu, Kodim 0409/RL juga akan melaksanakan latihan dan pengecekan peralatan sehingga diharapkan siap pakai pada saat dibutuhkan dalam penanggulangan bencana alam”, kata Dandim.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPBD Kepahiang, Ir. Taufik mengatakan bahwa, Apel Gelar Pasukan dan Peralatan setiap tahunnya dilaksanakan dengan leading sektor berbeda, dimana tahun ini diserahkan pada Dandim 0409/Rejang Lebong sebagai penanggung jawab dan setiap tahun pasti bergantian penanggung jawab kegiatan Apel Gelar Pasukan dan Peralatan.

Sebelum giat berakhir personil TNI, POLRI, Damkar, BPBD dan Basarnas Kabupaten Kepahiang melakukan simulasi tehnik memadamkan api serta jika sedang terjadinya gempa maupun pasca gempa maka peran relawan sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat.

Baca Juga:  Riski Juniarti : Katanya Warga Tidak Melarang Dibangun 18 Town House, Tapi Faktanya Di Persulit

Hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati H. Zurdi Nata, S.I..,, Dandim 0409/RL, Letkol Inf. M. Renaldy, M.Si., Kapolres Kepahiang, AKBP Yana Supriatna, S.I.K., M.Si., Kajari Kepahiang Ika Mauluddina, S.H., M.H., Kepala BPBD Kepahiang, Ir. Taufik, Husni Thamrin, S.E., Staf Ahli Bupati, Damsi, S.Sos., dan Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang Drs. Basing Ado.

(Chairuns)

Sumber : Rilis Pendam II/Swj

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *