TPU Kebun Bunga Tenggelam, Dinas Perkimtan Kota Palembang Kemana ?

Beritapali.Com | Palembang – Hujan deras mengguyur kota Palembang dua hari yang lalu, tepatnya dihari Sabtu (25/03) menyebabkan banjir dimana – mana, tak terkecuali kelurahan Kebun Bunga salah satunya Taman Pemakaman Umum (TPU) Kebun Bunga, yang ada di kecamatan Sukarame.

Saat awak media Online Beritapali.Com meninjau lokasi, Senin ( 27/03/23) tampak air masih menggenangi area pemakaman, walaupun sudah tidak separah hari Sabtu yang lalu.

Matsari salah satu pengelola TPU Kebun Bunga saat diwawancarai mengatakan, dirinya sudah 20 tahun sebagai pengelola TPU Kebun Bunga. Menurutnya, baru tahun ini dan sekarang ini, setiap turun hujan TPU Kebun Bunga terendam banjir dengan genangan air mencapai lebih tinggi dari lutut orang dewasa, yaitu antara 50 sampai 70.Cm.

” Ya, selain disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat sekitar yang suka membuang sampah sembarangan, ada juga salah satu faktor penyebabnya, yaitu karena penyanggah tembok pembatas antara perumahan dan area TPU Kebun Bunga terlalu rendah, sehingga kanal yang berada di bawahnya tersumbat oleh tumpukan sampah dan menyebabkan terjadinya luapan air sampai membanjiri sebagian area pemakaman”, ujar Matsari.

Saat disinggung awak media sejauh mana perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terhadap TPU Kebun Bunga, Matsari menjelaskan,

” Sudah lebih dari 2 tahun Pemkot Palembang melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kota Palembang melakukan normalisasi terhadap kanal yang ada disini dan hal itu sudah di ajukan kembali namun sampai saat ini belum ada konfirmasi “, kata Matsari.

Hal senada diperkuat oleh salah satu petugas Babinsa dari Koramil Kebun Bunga, saat hendak mengunjungi makam orang tuanya, dirinya terkejut karena area makam tergenang air mencapai kedalaman lebih tinggi dari lutut orang dewasa.

Baca Juga:  Agrowisata Tekno 44, Wujudkan “TNI AD Bersama Dengan Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI”

Menanggapi hal ini Pemkot Palembang melalui dinas terkait terutama Dinas Perkimtan  seharusnya cepat tanggap,  karena menurut keterangan warga tidak sedikit keluarga pejabat Kota Palembang yang dimakamkan di TPU Kebun Bunga tersebut.

(Chairuns)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *