Dinas Pendidikan Kab PALI, Menggelar FLS2N 2023 di Tingkat Kabupaten.

Beritapali.com – Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten PALI Membuka Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang Sekolah Dasar (SD)dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2023, pada Selasa (06/06/2023). Sejumlah lomba dibidang seni diperlombakan yang diikuti oleh peserta didik dari hasil seleksi ditingkat Kecamatan yang sebelumnya sudah dilakukan.

Pendidikan berperan penting dalam membangun keyakinan, pemahaman, dan prilaku ekologis manusia. Bertempat di SMP Negeri 1 Talang Ubi, Dinas Pendidikan Kabupaten Pali, melakukan seleksi FLS2N jenjang SD dan SMP, di tingkat Kabupaten.

 

Salah seorang Guru pendamping peserta pada lomba tari kreasi, dari SD Negeri 17 Talang Ubi, Tuna Kristina, mengungkapkan tema tarian yang telah ditampilkan peserta didiknya pada lomba ini, yakni bertema upaya dalam menjaga dan merawat lingkungan, yang merupakan bentuk ajakan kepada semua orang untuk peduli terhadap lingkungan. Tema ini dia mengaku terinsprisai dari cuaca panas, dampak transisi musim hujan ke musim kemarau.

 

” Sinopsis dari peserta didik kami yang menjadi peserta lomba tari kreasi di FLS2N hari ini menceritakan tentang penghijauan, karena dikaitkan dengan cuaca ekstrem yang sedang melanda didaerah kita sekarang. Jadi melalui tarian yang kami tampilkan ini, kami juga dapat mengimbau bagi orang banyak, supaya dapat melakukan penghijauan dan melastarikan lingkungan. Adapun menurut kami yakni dengan menanam pohon dirumah ataupun disekolah, agar dapat membuat cuaca kita dapat lebih adem, dingin, dan sejuk.” Ungkapnya.

 

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pali, Raden Abdurrohman, S.Pd., M.Pd. menjelaskan Penyelenggaraan kegiatan FLS2N sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan jiwa seni peserta didik pada jenjang SD maupun SMP, melalui kegiatan ini akan menumbuhkan rasa cinta terhadap seni, sehingga akan memberikan inspirasi dalam melestarikan kesenian Indonesia dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa.

Baca Juga:  Melalui Kapolsek Penukal Abab Kapolres Pali Hadiri Sapari Ramadhan di Masjid Al-Hadi Desa Betung.

 

” Ada sebanyak 72 peserta yang mengikuti pada FLS2N hari ini, ada 5 bidang seni yang dilombakan dan ini adalah hasil seleksi ditingkat kecamatan yang sebelumnya sudah kita lakukan. Untuk di jenjang SD bidang seni yang dilombakan meliputi lomba menggambar bercerita, tari kreasi, pantomim, kriya anyam, dan menyanyi solo. Sementara SMP bidang seni yang dilombakan yakni lomba pantomim, tari kreasi, kreativitas musik trasional, lomba ilustrasi, dan menyanyi solo.” Jelasnya.

 

Dia juga menambahkan setelah mendapatkan peserta yang memiliki talenta-talenta yang berkualitas dibidang seni dan budaya dari hasil seleksi ditingkat Kabupaten ini, nantinya akan mengikuti seleksi ditingkan Provinsi.

 

” Para eserta yang berhasil menjuarai masing-masing bidang seni, nantinya akan menjadi perwakilan Pali dalam seleksi FLS2N Provinsi mendatang. Tentu kami akan berupaya dalam memberikan pembekalan bagi peserta” tambahnya.

 

(Rahasmin/Tim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *