Yayasan Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Tarbawi Menggelar Acara Penyembelihan Hewan Qurban

Beritapali.com |Palembang – Yayasan lembaga pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Tarbawi melakukan penyembelihan hewan qurban (sapi) pada hari Sabtu (01/07/23).

Mengutip dari surah As-Saffat ayat 102-111, Firmansyah Kertawijaya, S.Ud selaku Kepala Sekolah SD IT Tarbawi Palembang menjelaskan, meneladani sejarah Nabi Ibrahim As, ketika bermimpi diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih putranya Nabi Ismail As, dimana pada saat itu juga, karena Allah, akhirnya Nabi Ibrahim As menyembelih Nabi Ismail As yang seketika sudah berubah menjadi seekor hewan surga yaitu kambing.

Menurutnya, penyembelihan hewan qurban yang diadakan oleh SD IT Tarbawi juga bermakna sebagai memberikan edukasi terhadap peserta didik, dimana dalam setiap penyembelihan hewan qurban di Hari Raya Idul Adha, umat Islam dapat berbagi pada sesama.

“Penyembelihan hewan qurban ini dagingnya akan dibagikan kepada fakir miskin dan masyarakat sekitar yang berada diseputaran SD IT Tarbawi ini,” ujar Firmansyah.

Ditempat yang sama Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan SD IT Tarbawi, Erni Fransisca menambahkan,

“ini merupakan yang ke.2 (dua) kalinya SD IT Tarbawi mengadakan penyembelihan hewan qurban (sapi) dan kami berharap di tahun depan nanti jumlah hewan yang akan di qurbankan bisa bertambah lagi,” jelasnya.

Ditanya awak media kenapa penyembelihan hewan qurban dilakukan pada hari Sabtu, lanjut Erni Fransisca mengatakan,

“ya’ bagi kami tidak ada alasan khusus pemotongan dilakukan pada hari Sabtu, namun hal itu dilakukan agar semua dapat berkumpul sehingga lebih leluasa dan banyak waktu dalam melakukan penyembelihan hewan qurban tersebut,” pungkasnya.

Selain para pengurus, kegiatan penyembelihan hewan qurban juga langsung di hadiri oleh Pembina Yayasan Lembaga Pendidikan SD IT Tarbawi Palembang Ustadz Ahmad Badarudin, S.Ag dan para guru pengajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *