Unjuk Rasa Masyarakat Sukajadi, Nyaris Ricuh.

Baturaja, Beritapali.com – Nyaris ricuh, gelaran aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh masyarakat Kelurahan Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), pada dini hari (Senin, 18/09/23) yang bertempat di pintu masuk PT. Semen Baturaja Tbk. (PTSB).

 

Aksi damai ini, diwarnai dengan adegan dorong-dorongan sampai kontak fisik antara peserta aksi dan petugas keamanan (Security) PT. Semen Baturaja, hal itu berawal dari peserta aksi yang ingin masuk ke halaman kantor Humas PT. Semen Baturaja namun dihalangi oleh petugas keamanan dengan pagar kawat berduri.

 

Dikatakan Rico S. Armahesa, S.I.Kom selaku Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Sukajadi OKU Bersatu (FORKOMSOB), sangat menyangkan tindakan yang dilakukan oleh pihak PT. Semen Baturaja yang melakukan penghadangan terhadap peserta aksi, yang ingin menyampaikan pendapat dengan damai dan tertib di halaman depan kantor bagian Humas PT. Semen Baturaja.

 

Lebih lanjut ditambahkan Rico, langkah dan tindakan PTSB itu seperti memperlihatkan kenyataan sikapnya yang apatis terhadap rakyat terkhusus masyarakat ring 1 Kel. Sukajadi, serta seakan ingin tidak mengindahkan aturan dan prosedur yang telah dilakukan oleh peserta aksi sebelumnya, dengan telah mengirimkan surat pemeberitahuan untuk aksi di halaman depan kantor Humas PTSB.

 

Kendati begitu, gelaran aksi damai ini tetap berjalan dengan damai setelah dilakukannya dialog dan pernyataan sikap yang disampaikan peserta aksi kepada pihak perwakilan PTSB untuk di terima dan direalisasikan oleh Pihak PT. Semen Baturaja Tbk.

 

Atas hal tersebut, perwakilan PTSB Eko selaku Kepala Pabrik PTSB menanggapi akan berkomitmen untuk mengabulkan permintaan yang menjadi keinginan masyarakat Sukajadi, terkait bantuan CSR seperti pengadaan tanah untuk dijadikan Tempat Pemakaman Umum (TPU) bagi masyarakat Sukajadi maupun pemberdayaan tenaga kerja lokal dari ring 1 Kel. Sukajadi dalam kurun waktu 1 minggu mendatang.

Baca Juga:  Sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, Polres Pali memberikan santunan dan sembako kepada lansia,

 

Wakapolres OKU Kompol Farida Aprillah, SH juga turut menambahkan, permintaan masyarakat Sukajadi ini sangat la baik dan bermanfaat, kami pihak kepolisian dalam hal ini sebagai pihak yang berada ditengah-tengah, mengharapkan sekali pihak PTSB dapat merealisasikan permintaan ini, dari itu juga, kami akan turut berkomitmen untuk mengawal dan berkordinasi dengan pihak PTSB agar ini segera diimplementasi.

 

(Rahasmin/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *