Tak Ditanggapi PPID Desa, Hengki Ajukan Ajudikasi Sengketa ke KIP.

Pali, Beritapali.com – Terkait kegiatan penelitian redaksi plusminus.click beberapa waktu yang lalu tentang “Akuntabilitas Pengelolaan APBDes Dalam Kabupaten PALI Tahun Anggaran 2022” yang belum ditanggapi oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa.

Hengki Yohanes, Pimpinan Redaksi Media online plusminus.click menempuh jalur Ajudikasi sengketa ke Komisi Informasi Publik (KIP) Sumatra Selatan, Jum’at 22 Desember 2023.

Dia mengatakan bahwa kedatangan nya ke KIP adalah sebuah bentuk keseriusan dalam mendapatkan informasi yang sesuai prosedur.

 

“Kedatangan saya ini menunjukkan sebagai bentuk kekecewaan terhadap Desa atas tidak adanya keterbukaan informasi Desa itu sendiri, bukti saya serius dalam permasalahan ini.” Jelasnya

 

Ia juga menjelaskan sesuai dengan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik yang merupakan hak dasar manusia.

 

“Namun demikian tetap ada informasi yang dikecualikan, seperti berita acara pemeriksaan sebuah perkara, informasi yg jika dibuka akan menimbulkan huru hara, dan informasi terkait data pribadi. Namun tidak untuk informasi terkait keuangan yang bersumber dari masyarakat, badan publik harus memberikan informasi tersebut, hal inilah yang kemudian melatarbelakangi saya menempuh jalur yang telah diatur termasuk Ajudikasi sengketa di KIP.” Beber Hengki.

 

kedepannya dia juga berharap semoga keterbukaan informasi Desa lebih mudah diakses salah satunya dengan tersedianya website desa.

 

“Untuk mendorong terwujudnya keterbukaan informasi publik semua pihak dapat sama sama memahami prosedur, tujuan dan kegunaan informasi publik tersebut.” Tutupnya.

 

Sementara itu, saat dikonfirmasi pihak Komisi Informasi Publik membenarkan terkait permohonan sangketa tersebut.

 

“Iya benar kami sudah menerima surat yang diajukan pihak pemohon. Akan segera kami proses secepatnya masalah ini.” Singkatnya.

Baca Juga:  DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyerahkan berkas Pendaftaran bakal calon DPRD Kabupaten PALI 2024.

 

(Rahasmin/Tim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *