Puncak Bakti Kesehatan Hari Bhayangkara Polda Sumsel, Irjen A Rachmad Wibowo : Kita Semua Salut dan Kagum Dengan Semangat Kopda Sunar

Palembang #Beritapali.com – Polda Sumsel menggelar puncak bakti kesehatan hari Bhayangkara ke 78 di Rumah Sakit Bhayangkara TK II Mohammad Hasan Palembang, Rabu (26/06/2024).

Pada gelaran bakti kesehatan tersebut, tim dokter Rumah Sakit Bhayangkara Tk II Mohammad Hasan Palembang melayani 257 pasien diantaranya kegiatan donor darah, khitanan massal, penanganan dan pencegahan stunting, operasi bedah minor, operasi katarak, operasi bibir sumbing, pelayanan KB, pelatihan Bertahan Hidup Dasar (BHD), pelayanan terhadap disabilitas termasuk penanganan pasien stroke.

Salah satu pasien mendapatkan bantuan kursi roda dari Kapolda Sumsel merupakan personel dari TNI aktif atas nama Kopda Sunar yang bertugas sebagai Tamtama Pengemudi di jajaran Kodam II Sriwijaya yang mengalami sakit stroke.

Semangat kemandirian yang ditunjukkan seorang Kopda Sunar diacara itupun tak pelak membuat kagum Kapolda Sumsel, Irjen A Rachmad Wibowo.

“Bapak Ibu sekalian, ini tadi saya melihat sendiri ada rekan dari TNI, pangkat Kopral Dua (Kopda) bernama pak Sunar ini berjalan sendiri dari tempat tunggu diluar sana, sampai ke lokasi dan ini tidak mau dibantu. Semangat kemandiriannya luar biasa padahal sakit stroke,” ujar Irjen A Rachmad Wibowo.

“Mari kita doakan bersama, agar dengan terapi yang diberikan dari rumah sakit TNI, juga nanti dari rumah sakit Polri membantu mempercepat proses kesembuhannya. Kursi roda ini hanya sebagai alat bantu saja untuk meningkatkan mobilitas, tetapi kita sama-sama berharap pak Kopda Sunar juga melatih otot-otot tubuhnya dan juga saraf sarafnya. Kita doakan bersama agar pak Sunar sembuh kembali. Kita salut dan sangat kagum dengan semangatnya pak Sunar,” lanjutnya.

Kopda Sunar yang terlihat tegar, ditunjukkan saat acara menyanyikan lagu Indonesia Raya, langsung mengambil sikap berdiri.

Baca Juga:  Unsri Menggelar Wisuda Ke-169, Sebanyak 35 Dari 721 Sarjana Meraih Predikat Terbaik Dengan Pujian

“Terimakasih bantuannya Kapolda,” balasnya singkat sambil berupaya bersikap patah patah prajurit.

Diacara puncak bakti kesehatan, Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo yang hadir bersama PJ Gubernur Sumsel Elen Setiadi, S.H., M.S.E, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI M Nauli Nurdika, Asintel Kejati Bambang PWH dan Forkopimda lainnya serta Ketua Bhayangkari Daerah Sumsel beserta staff berkesempatan berdialog bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menghadiri secara langsung kegiatan bakti kesehatan Polda Jawa Barat.

Kapolda Sumsel melaporkan kegiatan yang dilaksanakan jajarannya hingga berhasil menempati urutan kedua dengan hasil lebih 10% dari capaian nasional.

“Kami laporkan kepada bapak Kapolri, untuk kegiatan bakti kesehatan yang dilakukan oleh Polda Sumatera Selatan dan jajaran alhamdulillah mencapai lebih dari 10% capaian nasional dan untuk pengobatan umum kami melaksanakan sebanyak 4.500 kegiatan. Kemudian untuk pelayanan disabilitas kami melaksanakan sebanyak 1.245 kegiatan,” urai Kapolda.

Pada gelaran bakti kesehatan kali ini, tim dokter Rumah Sakit Bhayangkara Tk II Mohammad Hasan Palembang menggelar donor darah, khitanan massal, penanganan dan pencegahan stunting, operasi Bedah Minor, operasi Katarak, Operasi Bibir Sumbing Pelayanan KB, Pelatihan BHD, dan pelayanan terhadap Disabilitas kepada 257 pasien. Juga pemberian sembako sebanyak 500 kantong bagi peserta dan pendamping penerima layanan kesehatan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat kedepannya, terbangunnya silaturahmi antara Polri dan komponen masyarakat sehingga kepercayaan masyarakat semakin meningkat,” terang Kombes dr Syamsul Bahar M.Kes.

 

(Cha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *