Perkuat Silaturahmi, KUA Ilir Timur Satu Palembang Gelar “KULHU” 

PALEMBANG, Beritapali.com – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ilir Timur Satu, Palembang menggulirkan Program “Kultum Zuhur Hari Rabu (Kulhu)”. Pekan ini, (Rabu, 01 November 2023) Kulhu yang dilaksanakan di Masjid Jamik Darussalam Kelurahan 20 Ilir Empat, sudah memasuki masjid ke-12, dari 45 masjid yang ada di Kecamatan Ilir Timur Satu, sejak dimulai pada tanggal 16 Agustus 2023 lalu di Masjid Besar Jami’atul Islamiyah Kelurahan 20 Ilir Tiga.

Kepala KUA Ilir Timur Satu, H. Zulfikar Ali Fajri, S.Ag, M.Si mengatakan, program ini bertujuan untuk memaksimalkan silaturrahmi pengurus dan jama’ah masjid atau mushola di Kecamatan Ilir Timur Satu.

 

Lebih lanjut, alumnus Jurusan Dakwah Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Fatah Palembang ini menyebutkan, melalui program Kulhu, pihaknya dapat melihat langsung kondisi masjid dan mushola, sekaligus dapat meningkatkan kerjasama yang sinergis dengan pengurus dan jama’ah, dalam upaya memakmurkan masjid dan mushola.

 

Menurut Zulfikar, hal lain yang juga penting, program Kulhu ini bisa menjadi sarana yang efektif untuk berdialog dengan jama’ah.

 

“Selain itu, program Kulhu ini dapat menjadi ruang strategis untuk menyampaikan informasi, terutama informasi yang menjadi kebijakan di Kementerian Agama,” tegasnya.

 

Menanggapi program ini, Arif Yudianto, Ketua Pengurus Masjid Al-Ikhlas Kelurahan 20 Ilir Empat, menyambut baik dan sangat mendukung Program Kulhu dari KUA Ilir Timur Satu ini.

 

“Kami berharap, program ini akan lebih baik bila di masa mendatang dapat ditindaklanjuti dengan program kemasjidan lainnya,” ujarnya, Rabu (1 November 2023).

 

Program ini juga mendapat tanggapan dari Ustadz M. Nor, S.Ag, selaku Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Ilir Timur Satu.

Baca Juga:  Sebanyak 24 personil Polres Pali melakukan pengamanan jelang lebaran idul Fitri.

 

Menurut Ustadz M. Nor, Program Kulhu ini merupakan terobosan dan inovasi yang sangat bermanfaat. Sebab melalui Kulhu ini, upaya peningkatan jalinan silaturrahmi dan komunikasi pengurus dan jama’ah masjid serta mushola dapat berjalan secara rutin.

 

“Oleh sebab itu, jajaran MUI Kecamatan Ilir Timur Satu, sangat mendukung sepenuhnya program ini. Alhamdulillah, saya selalu hadir mendampingi Bapak Kepala KUA dalam setiap jadwal Kulhu tersebut,” ujarnya, Rabu (1 November 2023).

 

Acara ini, diawali Shalat Zuhur berjama’ah, dilanjutkan penyampaian kultum oleh Kepala KUA Ilir Timur Satu, H. Zulfikar Ali Fajri, S.Ag, M.Si.

 

Turut hadir pada kegiatan ini, selain dihadiri Ketua MUI Kecamatan, juga Penghulu Ust. Herman Sawiran dan Staf KUA, Ustadz Suprapto serta seluruh Penyuluh Agama.

 

Liputan: Imron Supriadi

Penerbit: Rahasmin Sawiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *