Pembukaan Fersival Candi Bumiayu Tahun 2023. Berjalan lancar dan dihadiri oleh Polres Pali melalui Polsek Tanah Abang.

Beritapali.com – Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin,S.I.K,M.H,diwakali langsung oleh Kapolsek Tanah Abang IPTU Darmawangsa,S.H, M.H,menghadiri Giat Pembukaan Fersival Candi Bumiayu Tahun 2023.

 

Acara Pembukaan dan Perlombaan Teaterikal yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten PALI ini bertemakan “Candi Bumi Ayu Sebagai Warisan Sriwijaya di Bumi Serepat Serasan” di Kawasan Halaman Candi Bumiayu yang berada di Desa Bumiayu Kecamatan Tanah Abang,Kabupaten PALI Provinsi Sumatera Selatan.

 

Tampak dari pantauan awak media ini yang ikut langsung ke lokasi Festival,hadir juga PJ. Gubernur Sumsel yang diwakilkan kepada Kadis BudPar Provinsi Sumsel H.Aufa Syahrizal S.P., M.Sc,Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VI Sumsel Bpk. Kristanto Januardi, S.Sy,Bupati PALI H. heri Amalindo yang diwakili oleh Staf Ahli Pembangunan Kabupaten PALI Drs. Agen Eledi, Camat Tanah Abang Edi Irwan,SE.,M.Si,Danramil 404-03 Pendopo KAPTEN Inf. Narko,Danpos Babinsa Kecamatan Tanah Abang PELTU Karyanto Hadi dan Bhabinsa SERDA Sribandono,Kepala Bank Sumselbabel Cabang Pendopo,

Perwakilan Camat se-Kabupaten PALI dan Kades se-Kecamatan Tanah Abang,Tokoh Agama,Tokoh masyarakat,Tokoh Adat dan Tokoh Pumuda se-Kecamatan Tanah Abang.

 

“Acara ini juga dihadiri oleh ICMI 17 Kabupaten dan Kota se-Prov Sumsel,Tim Juri ICMI Korwil Sumsel,Para Kepala OPD di Lingkungan Kabupaten PALI,ada juga Wakil Ketua Dewan Kesenian Kab. PALI,Forum CSR Kabupaten PALI.dan para peserta lomba yang datang dari 17 Kabupaten Kota se-Provinsi Sumsel,Tamu Undangan sekira 150 Orang serta rekan-rekan Jurnalis,”ujar Kapolres PALI yang disampaikan oleh Kapolsek Tanah Abang.

 

Lebih lanjut,Kapolsek Tanah Abang menjelaskan bahwa dalam hal ini, tentu pihaknya akan sangat mensupport dalam bidang keamanan pelaksanaan Festival.

 

“Tentunya bersinergi dengan berbagai pihak dan masyarakat bersama rekan-rekan kita dari TNI akan memberikan support di bidang keamanan, agar selama pelaksanaan Festival ini bisa berlangsung dengan aman dan kondusif,” Tegas Mantan KBO Narkoba Polres PALI ini pada Kamis (18/10/2023) kepada awak media seusai mengikuti Acara Pembukaan Festival Candi Bumiayu.

Baca Juga:  Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Polres Pali Melakukan Patroli blue light.

 

 

Dalam kata sambutannya PJ. Gubernur Sumsel yang diwakilkan oleh Kadis BudPar Provinsi Sumsel, sekaligus pemukulan Gong sebagai tanda dibukanya Acara Festival Candi Bumi Ayu Tahun 2023 menyampaikan,Kegiatan Festival ini menjadi ruang aktualisasi segala nilai luhur dan keindahan dari seni dan budaya di Kabupaten PALI.

 

“Selaku perwakilan dari Pak Gubernur,tentunya kami mengamanatkan kepada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten PALI,untuk benar-bernar berkomitmen dalam mentata kelola yang profesional,manajemen even budaya yang konsekuen,untuk menguatkan sekaligus memajukan seni budaya yang ada di Kabupaten PALI,terlaksananya pembinaan pengembangan tradisi klasik dan seni rakyat berbasis lokalitas ditengah situasi derasnya arus global saat ini, masuknya budaya luar tidak mudah untuk dibendung,karena itu Event Festival Candi Bumiayu tahun 2023 yang bermuatan lokal seperti ini sangatlah penting dilakukan,sebagai sarana edukasi sekaligus cara melestarikan budaya lokal,peninggalan dari para leluhur kita,”papar PJ Gubernur Sumsel yang diwakili oleh Kadis BudPar Provinsi Sumsel seusai membuka acara secara resmi ditandai dengan pemukulan gong.

 

Candi Bumi Ayu merupakan salah satu warisan Budaya yang berada di Kecamatan Tanah Abang yang keberadaannya sudah ada sejak ratusan tahun,lanjut Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VI Sumsel Kristanto Januardi, S.Sy

 

“Oleh karena itu,kegiatan Festival Candi Bumi Ayu Tahun 2023 ini menjadi sangatlah penting,giat ini diadakan dalam rangka menumbuh kembangkan serta melestarikan kebudayaan yang telah berjalan berabad-abad didaerah ini,”lanjut Kiristanto saat menyampaikan kata sambutannya sambil menambahkan Kawasan Candi Bumi Ayu merupakan warisan budaya yang perlu terus dilestarikan,tidak saja oleh masyarakat yang terlibat didalamnnya, namun juga Pemerintah memiliki peranan penting dalam pelestariannya.

 

Selanjutnya Kata Sambutan Bupati PALI diwakilkan oleh Staf Ahli Drs.Agen Eledi,Bupati berharap melalui kegiatan Festival Candi Bumi Ayu tahun 2023 ini,dapat menjadi media untuk membangun anime generasi muda dalam menggali,mengenali dan memahami nilai-nilai budaya tradisi Kabupaten PALI,yanh paling sarat dengan kearifan dan tata nilai yang dapat membangkitkan gerakan semangat kerakyatan melalui kreativitas melestarikan kebudayaan.

Baca Juga:  P2KP Menggelar Diskusi Kritis Pendidikan Dengan Tema "Polemik Jabatan di Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel" Siapa Dalangnya,?

 

“Sebagaimana kita pahami bersama,bahwa negara NKRI merupakan negara yg memiliki berbagai macam kebudayaan dari Sabang sampai Marauke,Kebudayaan tersebut merupakan peninggalan yang sangat bersejarah,maka dari itu marilah kita melestarikan nilai- nilai budaya didalam suatu masyarakat,agar budaya yang kita miliki ini tidak punah dalam kondisi apapun.”Pungkas Bupati PALI H. Heri Amalindo.

 

 

Untuk diketahui bersama,10 Personel Polsek Tanah Abang dilibatkan langsung untuk mengamankan acara Festival Candi Bumiayu ini,yakni Kanit Binmas AIPTU LD. Umar Said,Kanit Sabhara Aipda Muslim Ansori,Kanit Provos AIPDA Akipsah.Kanit IK Aipda Roy. P. Saragih, SH, Anggota IK Bripka Singgih,dan Anggota IK Bripka Reji,serta Bhabinkamtibmas Tanah Abang BRIPTU M.Jaim Dani, S.H.

 

Dan Polsek Tanah Abang telah melakukan Pengamanan Terbuka dan Tertutup,terkait adanya kegiatan tersebut sebagai langkah antisipasi kemacetan arus lalu lintas serta Pelaku 3C,

 

“Festival Candi Bumi Ayu Tahun 2023 untuk lomba Teaterikal selesai pukul 16.00 Wib,dan Alhamdulillah berlangsung aman kondusif serta akan dilanjutkan kembali seminar serta Pelaksanaan Penutupan pada hari Jum’at tanggal 20 Oktober 2023 dimulai sekira jam 08.00 Wib s/d Selesai.”pungkas Kapolsek Tanah Abang.

(Rahasmin/Tim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *