PEDULI KEBERSIHAN LINGKUNGAN, PRAJURIT PENDAM II/SWJ GELAR KARYA BAKTI

Beritapali.Com |Palembang – Sejalan dengan tugas TNI AD, sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 8 UU TNI nomor 34 Tahun 2004, antara lain adalah melaksanakan tugas TNI Matra Darat di bidang pertahanan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.

Salah satu implementasi pelaksanaan tugas tersebut adalah melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter), baik yang dilaksanakan oleh Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) maupun Satuan Non Komando Kewilayahan (Sat Non Kowil) melalui Binter Satuan.

Dalam kaitan tersebut, Pendam II/Sriwijaya sebagai salah satu Badan Pelaksana Kodam II/Swj, dan sekaligus sebagai Satuan Non Kowil, pada Jumat (23/06/2023) menyelenggarakan kegiatan Binter Satuan Non Kowil Semester – I TA. 2023 berupa Karya Bakti, bertempat di RT. 03 Kelurahan Srimulya Kecamatan Sematang Borang, Kota Palembang.

Kegiatan Binter Satuan Non Kowil dengan metode Karya Bakti dan Gotong Royong yang dilakukan Personel Pendam II/Swj bersama warga masyarakat setempat ini berupa pembersihan saluran air/parit dan lumpur di sekitar lingkungan kampung. Selain sebagai bagian dari program Binter, Karya Bakti ini juga sebagai wujud kepedulian prajurit Pendam II/Swj dalam menjaga kebersihan lingkungan dan membantu masyarakat.

Kegiatan Binter Satuan Non Kowil ini melibatkan sekitar 20 personel Pendam II/Swj dan sekitar 20 warga masyarakat Kelurahan Srimulya, Sematang Borang.

Selain melaksanakan Karya Bakti secara bergotong royong, Personel Pendam II/Swj juga bersilaturahmi dan bincang-bincang bersama. Suasana tampak akrab dan membaur antara prajurit dengan warga masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Kasi Tuud Pendam II/Swj Mayor Caj Sugeng mengajak warga masyarakat RT. 03 Kel. Srimulya untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, dan membudayakan semangat gotong royong.

“Pada pagi ini, kita fokus membersihkan parit dari rumput dan lumpur, biar air mengalir dengan lancar, sehingga tidak tergenang. Karena jika air tergenang dapat menyebabkan berkumpulnya jentik nyamuk yang bisa membahayakan warga di RT ini terkena nyamuk demam berdarah”, kata Mayor Sugeng.

Baca Juga:  Persiapan Polsek Tanah Abang menghadapi Pemilu Februari 2024.

Ketua RT 03, Bpk. Samid mengucapkan terima kasih kepada anggota Pendam II/Swj yang telah membantu kerjasama Karya Bakti di wilayahnya. “Mudah-mudahan hasilnya bermanfaat bagi warga kami”, ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Kapendam II/Swj Letkol Inf Deni Suhendra menjelaskan bahwa, melalui Binter satuan Non Kowil ini, diharapkan mampu memotivasi dan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, membudayakan tradisi gotong royong serta semakin mendekatkan TNI dengan rakyat, guna terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Sebagai prajurit rakyat yang berasal dari rakyat, maka TNI harus selalu dekat dan berbuat yang terbaik untuk rakyat”, pungkasnya.

(Chairuns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *