Korem 044/Gapo Menuju Satker WBK Dan WBBM, TPN Kementerian PAN RB Laksanakan Verifikasi Lapangan

Beritapali.com # Palembang – Komandan Korem 044/Gapo Brigjen TNI M. Naudi Nurdika S.I.P., M.Si, M.Tr (Han) menerima kunjungan Tim Penilai Nasional (TPN) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia melaksanakan verifikasi lapangan, bertempat di Makorem 044/Gapo Jalan Jenderal Sudirman KM 4,5 Palembang, Selasa (26/9/2023).

Dengan mengusung motto “Produktif 44” Professional, Peduli, Kreatif dan Antisifatif Danrem 044/Gapo terus mengajak untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Tim verifikasi lapangan dari Kemen PAN RB tersebut, Bapak Agusdin Muttaqin dan Bapak Dio Mahradika melakukan pengecekan dan penilaian secara langsung terhadap Korem 044/Gapo dalam komitmennya membangun Zona Integritas.

Danrem 044/Gapo menjelaskan kepada TPN tentang upaya memangkas dan mempersingkat Birokrasi dengan menampilkan aplikasi yang telah dibuat oleh Korem 044/Gapo seperti GIS 44 (Gapo Information System 44) yang berisikan tujuh icon yaitu Orgas, Informasi, Link Staf, Website, Penpas, Primkop dan Pengaduan. Selain GIS 44 Korem 044/Gapo juga berkolaborasi dengan Pemda Sumsel dan Instansi terkait menciptakan Aplikasi Songket (Sistem Operasi Pengendalian Bencana Karhutla Terpadu) dengan tujuan untuk mengetahui indek standar pencemaran udara dan memonitoring pencegahan serta penanggulangan Bencana Karhutla.

Kegiatan verifikasi lapangan oleh Kementerian PAN RB ini selain dilaksanakan secara tatap muka di Aula Makorem 044/Gapo, juga digelar secara Video Conference dengan seluruh Kodim Jajaran Korem 044/Gapo dan posko – posko penanggulangan Bencana Karhutla. Vicon yang digelar Korem 044/Gapo ini bertujuan untuk berdialog secara langsung dengan para Dandim jajaran Korem 044/Gapo tentang upaya meningkatkan pelayanan pubik serta memperkenalkan produk unggulan yang diciptakan.

Danrem 044/Gapo menjelaskan tentang Agro Wisata Tekno 44 yang merupakan salah satu produk unggulan, bertempat di Desa Glebek Dalam Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. Berawal dari mitigasi bencana Karhutla, Agro Wisata Tekno 44 ini merupakan solusi permanen melalui pemanfaatan lahan terlantar menjadi lahan produktif berkelanjutan. Agro Wisata Tekno 44 memiliki konsep pertanian terpadu dengan pemanfaatan teknologi terapan 4E + T (Ekologi, Edukasi, Ekonomi, Estetika dan Teknologi) bertujuan mendukung program Pemerintah tentang ketahanan pangan, kemandirian dan kedaulatan pangan yang berimplikasi pada kesejahteraan masyarakat, terciptanya ketahanan pangan yang dinamis dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh.

Baca Juga:  Sebanyak 24 personil Polres Pali melakukan pengamanan jelang lebaran idul Fitri.

Selain Agro Wisata Tekno 44, Korem 044/Gapo beserta Kodim jajarannya memperkenalkan kepada TPN program BESEMAH 44 (Bersih, sehat dan ramah lingkungan) sebagai upaya menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup. Contoh kongkret dari Besemah 44 yang dilakukan Kodim jajaran yaitu pembangunan MCK yang ramah lingkungan dan membuatan sumur bor untuk masyarakat.

Brigjen TNI M. Naudi Nurdika bersama jajaran menjelaskan pula tentang upaya mendukung program unggulan TNI AD dalam pencegahan dan penanganan kasus stunting yang disinergikan melalui kegiatan pembinaan teritorial secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

(Chairuns)

Sumber : Rilis Penrem 044/Gapo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *