Untuk Mensyukuri Hasil Bumi, Pemerintah Desa Semangus bersama Masyarakat Menggelar Sedekah Desa.

Pali, Beritapali.com — Untuk memohon perlindungan Dari tuhan yang Maha Esa serta ancaman dari segalah bahaya, balak Dan sebagainnya, Pemerintah Desa Semangus bersama Masyarakat Menggelar acara sedekah Desa, Yang mana sedekah Desa tersebut di gelar di Gedung Serba Guna Desa Semangus Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Pali pada hari Minggu (28/07/2024).

Exif_JPEG_420

Pengelaran Tasyukuran sedekah Desa ini di Hadiri langsung oleh Camat Talang Ubi, DPMD, pemangku adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Dan unsur Pemerintahan Desa Semangus beserta Masyarakat Setempat.

Exif_JPEG_420

Sedekah Bumi tersebut dibuka dengan membaca surat Yasin bersama ditambahkan ceramah tauziah dan bersama untuk keselamatan, Dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpang secara simbolis.

Exif_JPEG_420

Acara sedekah Bumi ini dihadiri langsung oleh Camat Talang Ubi, DPMD, Pendamping Desa, Pemangku Adat, BPD dan Pemeritah Desa berserta Masyarakat setempat.

Yang mana dalam acara Tasyukuran ini, Zulkarnain Sebagai pemangku adat Desa Semangus Mengatakan, Adanya tujuan dari sedekah Desa ini adalah untuk menjaga kekompakan Masyarakat Desa serta mohon perlindungan dari tuhan yang Maha Esa dari marabahaya serta dari ancaman lainnya.

Exif_JPEG_420

“Adannya sedekah Desa ini bertujuan untuk untuk menjaga kekompakan Masyarakat Desa serta mohon perlindungan dari tuhan yang Maha Esa dari marabahaya serta dari ancaman lainnya, Karena Desa Semangus ini terdiri Dari bermacam-macam suku yang ada di Desa ini, Jadi kita sebagai pemangku adat mengajak Masyarakat, terkhusus Masyarakat Desa Semangus ini untuk saling menjaga Dan berdoa kepada tuhan memohon perlindungan dari Hal-hal yang tidak diinginkan Seperti perbuatan-perbuatan yang menyimpang atau buruk,”Katanya.

 

Sementara itu Lian Sasnadi Kepala Desa Semangus mengucapkan terimakasih kepada segenenap lapisan Masyarakat Desa Semangus yang telah ikut andil dalam sedekah Desa ini untuk menghidari dari Masalah-masalah yang ada di Desa ini, Jadi sebenarnya sedekah bumi ini adalah untuk menyuci Desa Dari halangan-halangan atau marabahaya seperti amukan hewan liar atau lainnya, Dengan adanya sedekah Desa ini tidak ada lagi ancaman-ancaman lainnya.

Baca Juga:  Pelaku Pengoplos Gas Elpiji 3 Kg Bersubsidi Ditangkap Anggota Subdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Sumsel

 

“Sebenarnya sedekah Bumi ini adalah untuk menyuci Desa Dari Halangan-halangan atau marabahaya seperti amukan hewan liar atau mahluk lainnya, Mungkin engan adanya sedekah Desa ini tidak ada lagi ancaman-ancaman lainnya Seperti halnya yang tidak di inginkan,”Tuturnya.

 

Adanya sedekah Bumi ini sekaligus Mengingat Perjuangan para leluhur pendiri Desa terdahulu yang telah meningal Dunia, Jadi kita bersama Masyarakat melakukan Do’a bersama untuk Mereka yang telah tiada,, terutama para luhur yang memperjuangkan Desa Semangus ini”Ucapnya .

 

“Dari pada itu kita melakukan sedekah Bumi ini Sebagai bentuk Do’a atas Limpah tuhan atas hasil Bumi yang di berikan, Semoga syukuran ini menjadi ajang kebersaman untuk menjalin hubungan baik antara Masyarakat dan Pemerintah Desa,”Tutupnya.

 

Liputan: Rahasmin Sawiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *