Pipa Pertamina Bocor, Air Sungai di Desa Sungai 2 Berubah Jadi Coklat dan Bau.

Beritapali.com – Pipa Bocor Milik Pertamina EP Pendopo Field. Terjadi kebocoran dikawasan Desa Sungai 2, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA), Sabtu (05/08/2023).

Akibatnya, Aliran air Sungai 2 di sekitar wilayah tersebut berubah jadi Kecoklatan. Selain itu, air juga berbau BBM.

 

Keri selaku Staf ComRel Pertamina EP Pendopo Field. Ia mengatakan, kami baru mengetahui kebocoran hari ini, itu pun laporan dari Kepala Desa. Setelah mendapatkan laporan tersebut kami langsung lakukan pengecekan dikawasan area yang bocor. Sabtu (5/8/2023).

“Terkait soal kebocoran pipa apabila mencemari lingkungan dan lahan warga maka kita akan lakukan koordinasi dengan pihak terkait” katanya

Selanjutnya dengan kejadian soal pipa bocor. apalagi Aliran sungai yang terkena kami akan lakukan pembersihan di mana aliran sungai tersebut, terkena Minyak Mentah milik Pertamina EP Pendopo Field.

Sekjen Aktivis Koalisi Kawal Lingkungan Hidup Indonesia (KAWALI) Sumsel. Kevin Adrian Islan mengatakan, Ada Beberapa Peraturan Yang Mengatur Mengenai Larangan Membuang limbah di sungai, Salah Satunya Ialah Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Yang tertuang dalam Pasal 60 dan Pasal 104. Apalagi ini milik Pertamina asset 2 Pendopo Field. Itu benar maka harus berhenti beroperasi, sebelum perbaikan dikarena akan mencemari lingkungan.

“Tapi kalau memang pipanya bocor, ya harus berhenti beroperasi sampai pipanya normal, karena akan mencemari sungai yang ada di area tersebut yang akan berdampak pada masyarakat,” Pungkasnya.

Ia menegaskan dengan kebocoran Pipa Minyak didesa sungai 2, apalagi sudah berdampak misalkan Ikan sudah mati, ini sangat di sayangkan sedangkan aliran sungai dimanfaatkan oleh warga sekitar ini sangat berbahaya apabila sudah tercemar Minyak Mentah milik Pertamina.

Baca Juga:  BPAN LAI Kabupaten Pali, Berikan bantuan material untuk Pembangunan Masjid Al-Amanah.

Kepala Desa Sungai 2, Dirman menegaskan dengan kejadian kebocoran Pipa Minyak harus segera ditindaklanjuti apa lagi limbah tersebut mengalir ke sungai dan perkebunan warga.

“Saya sudah check aliran sungai. sangat disayangkan Ikan mati, Aliran sungai jadi kotor apalagi Aliran sungai tersebut digunakan warga akibat dari kebocoran Pipa Pertamina, Warga tidak bisa memanfaatkan seperti sebelumnya” Ujurnya.

Laporan: Iwan Christian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *