Lama Vakum Akibat Covid -19, Cabor Senam Gimnastik Telah Hadir Kembali Di POPNAS Ke. XVI

Beritapali.com # Palembang – Setelah vakum akibat pandemi Covid-19 Cabang Olahraga senam Gimnastik kini telah hadir atau aktif kembali di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) Ke.XVI tahun 2023.

Hal ini di sampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) II Dian Arifin di Gedung Dempo Jakabaring Sport City, Senin (28/08/23).

Dian mengatakan, sudah beberapa periode nomor Gimnastik tidak tampil dan sekarang ditampilkan lagi di POPNAS Ke.XVI. Hal ini dikarenakan Pandemi Covid-19.

Rata-rata atlet yang tergabung dalam Cabor Senam Gimnastik yaitu dari kalangan pelajar, SMP dan SMA.

Kalau Pemerintah biasanya melihat dari nomor-nomor Olimpic yaitu Artistik, kebenaran yang dipertandingkan dalam POPNAS kali ini yaitu, nomor Artistik dan Ritmik untuk Putra Putri. Ada beberapa atlet senam POPNAS Sumatera Selatan (Sumsel) diantaranya,

Kelas Putra :
. M.Daffa Fernanda
. M. Tohor
. Aben Terli
. Rangga
. Arman
. Akbar
. Daud (Coach)

Kelas Putri :
. Jessica Azzahra
. Aulia Fakhira Basir
. Ragil Aisyah Afrillia
. Keisya Salsabila Angelina Lie
. Falerina Dealola
. Agus (Coach)

“Di waktu Sea Games tahun 2011, atlet senam dari Sumsel cukup berprestasi, namun untuk akhir-akhir ini karena lama Pandemi Covid-19, pembinaannya harus dimaksimalkan lagi, dengan adanya POPNAS mulai dari pelajar (Sekolah) selanjutnya ke level atas (Elite) baru Go Internasional, maka kedepanya dari sekarang ini harus kita bina,” ujarnya.

Saat ditanya awak media butuh waktu berapa lama persiapan khusus untuk menjadi atlet senam, lanjut kata Dian mengatakan, “untuk menjadi atlet-atlet Elite Senam yang berprestasi itu membutuhkan waktu 10 tahun, tapi progresnya bertahap dengan jam latihan continue,” jelas Dian Arifin.

Selain atlet-atlet dari Sumsel, ada juga dari provinsi lain, seperti Jakarta, Bandung, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bangka Belitung, Sumatra Utara, dan lainnya.

Baca Juga:  Jajaran Polres PALI Melaksanakan Giat Patroli Rutin Di Wilayah Hukum Polsek Tanah Abang,

Menurutnya, mengutip dari kata Menteri Pendidikan, Dian mengatakan, “olahraga senam wajib masuk dalam program sekolah, dan perlu di edukasi oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu guru senamnya,” pungkasnya.

Pemenang regu putra :
– Juara I DKI jakarta
– Juara II Jawa timur
– Juara III Sumsel

Pemenang regu putri :
– Juara I DKI jakarta
– Juara II jawa timur
– Juara III Sumsel

– Kelas beregu putra dan putri Sumsel meraih medali perunggu.

(Cha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *