Korem 044/Gapo Menjadi Instansi Peraih Zona Integritas Menuju Predikat WBK Dan  WBBM Tahun 2023

Nusa Dua # Beritapali.com – Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir, S.Sos., M.M., menerima penghargaan dari Kemenpan – RB untuk kategori Instansi Pemerintah dengan Unit Kerja Terbanyak peraih Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Tahun 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung Bali, Rabu (6/12/2023).

Memasuki tahun 2024, kebijakan reformasi birokrasi (RB) sebagaimana tertuang dalam Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, telah berjalan di koridor yang tepat. Hal ini ditandai dengan peningkatan kualitas birokrasi di Indonesia yang mendapat penilaian positif dari Worldwide Governance Indicators (WGI), di mana Indonesia menempati posisi ke-73 dari 214 negara di dunia.

Kemenpan – RB memberikan penghargaan kepada Instansi Pemerintah sesuai dengan kategori yang dicapai antara lain, Pemerintah Daerah dengan Implementasi RB Tematik Terbaik pada semua tema Tahun 2023, Pemerintah Daerah yang berhasil mendapatkan nilai SAKIP menjadi A pada Tahun 2023, Pemerintah Daerah dengan Predikat SAKIP A nilai tertinggi, Predikat SAKIP AA, Apresiasi K/L pendukung dalam Pelaksanaan RB Tematik Tahun 2023 serta Instansi Pemerintah dengan Unit Kerja Terbanyak peraih Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Tahun 2023.

Korem 044/Gapo menjadi salah satu Instansi Pemerintah yang memperoleh predikat peraih Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM Tahun 2023. Hal tersebut merupakan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023.

Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M., mewakili Panglima TNI, menerima penghargaan apresiasi dan penganugerahan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2023, yang diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin

Baca Juga:  Ditreskrimsus Polda Sumsel Berhasil Amankan 6 Sopir Pengangkut Batubara Ilegal

Selain itu Korem 044/Gapo, terdapat sembilan satuan kerja TNI yang menerima penghargaan atas prestasi sebagai unit kerja pelayanan berpredikat menuju WBK. Dari TNI AD yaitu Rumkit Tk. II Pelamonia Kesdam XIV/Hassanudin, Pussenkav, Rindam XVI/Pattimura, Divif 2 Kostrad, Korem 073/Mkt Kodam IV/Diponegoro, Akademi Militer dan Menarhanud 1/F Kodam Jaya/Jayakarta. Dari TNI AL yaitu Kolinlamil dan TNI AU yaitu RSAU dr. M. Salamun.

Wapres K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi kepada para peraih penghargaan dalam acara tersebut. Ke depan, diharapkan pencapaian ini dapat menjadi suntikan semangat untuk memberikan kontribusi yang semakin berkualitas lagi dalam pengembangan RB di Indonesia.

“Semoga prestasi ini semakin menjadi motivasi, baik bagi instansi bersangkutan maupun instansi lainnya, untuk terus melakukan terobosan dalam menggerakkan reformasi birokrasi yang berdampak langsung bagi masyarakat,” kata Wapres.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, menyampaikan bahwa memasuki tahun-tahun akhir Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, Kementerian PANRB saat ini tengah menyusun arah kebijakan RB di masa yang akan datang. Ke depan, RB akan difokuskan pada transformasi digital untuk mewujudkan digital bureaucracy dengan mengembangkan digital structure, digital culture, dan digital competency.

“Ke depan, kita akan meng-interoperabilitas-kan berbagai layanan, sehingga pelayanan publik dapat diakses melalui Portal Pelayanan Publik secara terpadu dan terintegrasi,” lapor Menteri PANRB

Hadir pula dalam acara ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian, Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya dan Ketua KPK Nawawi Pomolango.

 

(Cha/Rilis Penrem 044/Gapo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *