Masyarakat Semangus ucapkan terimakasih telah dibangunnya Parit di Jalan Provinsi yang terletak di Desa Semangus.

Pali, Beritapali.com – Drainase merupakan sebuah konstruksi yang menjadi media untuk mengalirkan air dari satu titik ke titik lain yang dinilai sangat penting untuk membantu proses pengaliran air seperti curah hujan, agar tidak terjadi genangana atau banjir. Tujuan pembuatan drainase adalah untuk mengurangi dan membuang kelebihan air dari suatu kawasan agar lahan tersebut bisa berfungsi secara optimal sesuai dengan kegunaannya. Sistem ini juga dapat mengendalikan erosi tanah serta kerusakan pada jalanan dan bangunan yang ada di sekitarnya.

Exif_JPEG_420

Begitu hal yang disampaikan oleh Mbah Supri Masyarakat yang tinggal di Desa Semangus Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) Sabtu (08/06/204) Sangat berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Karena telah dibangunnya parit yang berfungsi untuk meminimalisir air hujan sehingga Rumah Warga terhindar dari genangan Air hujan.

 

 

Yang mana menurut keterangan Mbah Supri Mengatakan, Selama ini atau sebelumnya, Rumah Warga yang terletak agak rendah dengan badan Jalan yang terletak di Desa Semangus ini selalu tergenan Air saat turun hujan walau sebentar.

 

Disebutkan lagi, selama ini warga sudah pernah mengeluhkan permasalahan itu ke Pemerintah Kabupaten agar diteruskan ke Dinas PU TR Provinsi Sumatera Selatan namun belum pernah terealisasi. Namun akhirnya tahun ini terealisasi juga.

 

“Untung berkat pak Lian Sasnadi Kepala Desa Semangus, Kami mengeluhkan permasalahan ini di lingkungan kami saat rapat di kantor Desa, dan hingga jadi catatan penting oleh kepala Desa, Alhamdulillah aspirasi kami tersebut langsung terealisasikan oleh Pemerintah Provinsi,”katanya kepada awak media, pada hari Sabtu (08/06/2024).

 

Disambung Supri, Saat ini pihak dinas PU TR Provinsi Sumsel sudah membuat parit di beberapa titik di Desa Semangus yang tembus ke arah sungai.

Baca Juga:  Ki Edi Susilo Bersama Ratusan PKL Bersiaga Antisipasi Terjadinya Pemagaran Lokasi Pasar 16 Ilir

 

Terimakasih Kami kepada Pak Kades, Yang telah menggiring permasalahan kami sehingga dapat terealisasi,”ujarnya.

 

Sementara itu kepala Desa Semangus Lian Sasnadi menerangkan anggaran yang digunakan yakni dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Karena ini merupakan Jalan Provinsi yang juga akses Jalan penghubung Kabupaten Pali, Muratara dan Kota Lubuk Linggau.

 

“Pembuatan parit ini berdasarkan permintaan Warga Desa Semangus yang mana ini merupakan akses Jalan penghubung Kabupaten Pali, Muratara dan Kota Lubuk Linggau. Karena ini merupakan akses terdekat yang menghubungkan beberapa Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan ini. Jadi Pembuatan parit itu akan meneruskan aliran air dari Rumah Warga menuju Sungai dan ini untuk menarik debit air hujan ketika hujan deras,”Terangnya.

 

 

Saya sebagai Pimpinan didesa ini terus berupaya membantu Warga di Desa kami ini dan memberikan pekerjaan untuk kebutuhan ekonomi untuk Masyarakat setempat,”Ucapnya.

 

” Kita akan bantu semua keluhan Masyarakat agar keberadaan saya dapat bermanfaat bagi seluruh Masyarakat, Jadi tidak mungkin saya mengabaikan usulan mereka, Terkait pekerja kita menugaskan Masyarakat setempat untuk mengurangi pengangguran didesa Semangus ini,”Unggahnya.

 

Semoga bae tahun depan pembangunan parit ini dapat terealisasi kembali untuk tahun selanjutnya, dan terimakasih juga kami kepada Pemerintah Provinsi yang telah membangun Parit didesa kami ini,”Tutupnya.

 

Liputan: Rahasmin Sawiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *