Field Adera Minimalis Dampak Lingkungan Insiden Pengabuan 

 

PALI KP/Mahadaya.co– Pertamina EP (PEP) Adera Field sigap tangani kebocoran pipa penyalur minyak yang menghubungkan Stasiun Pengumpul (SP) Abb 2 dan Pusat Pengumpul Produksi (PPP) Pengabuan di Pengabuan, Kecamatan Abab, Kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang Ilir), Sumatra Selatan, pada Jumat (26/1)

Kebocoran diketahui pada pukul 07.30 WIB oleh masyarakat dan segera melaporkan kejadian tersebut kepada BKO Adera Field. Pada pukul 07.35 WIB Operator segera menghubungi personil yang bertugas di SP DWA dan SP ABB 2 untuk menghentikan pemompaan. Selanjutnya Tim Health Safety Security Environment (HSSE) PEP Adera Field langsung ke lokasi dan memasang snake boom untuk mengisolasi kebocoran, menyedot cairan yang keluar dengan menggunakan vacuum truck, serta melakukan pembersihan di lokasi kebocoran. Sementara itu, Tim Comrel & CID PEP Adera Field segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan melakukan penanganan pasca kebocoran.

Head of ComRel & CID Zona 4, Tuti Dwi Patmayanti menjelaskan bahwa tim PEP Adera Field segera melakukan penanganan setelah adanya laporan dari masyarakat “Team internal Adera Field saat ini telah melakukan penanganan untuk kejadian tersebut. Selain itu, hasil investigasi awal diketahui penyebab kebocoran karena penggesekan oleh oknum tidak dikenal. Saat ini kami akan melaporkan kejadian ini kepada kepada Polsek setempat untuk dilakukan investigasi lebih lanjut”Ujar Tuti.

Lebih lanjut, Tuti juga menjelaskan bahwa saat ini PEP Adera Field sedang berupaya melakukan pemenuhan target produksi minyak dan gas nasional sehingga dukungan masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan operasi migas yang aman. “ PEP Adera Field mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah sigap melaporkan kejadian ini kepada pihak perusahaan, sehingga kami dapat melakukan aksi cepat tanggap dalam upaya penanganan kebocoran line transfer pipa ABB-2 . Kami menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk segera melaporkan apabila terdapat hal-hal mencurigakan disekitaran jaringan pipa migas milik Pertamina . “ Ujar Tuti.

Baca Juga:  Melalui Jum'at Curhat, Kasat Binmas Polres PALI berkoordinasi dengan Sat Samapta untuk meningkatkan Patroli.

PEP Adera Field merupakan salah satu lapangan migas yang beroperasi dalam wilayah kerja Subholding Upstream Regional Sumatera Zona 4. Produksi minyak PEP Adera Field pada Januari 2024 sebesar 2.211 barel minyak per hari/BOPD dan gas sebesar 10,07 juta standar kaki kubik per hari/MMSCFD.

PEP Adera Field berkomitmen untuk selalu mengutamakan keselamatan pekerja, operasi, dan lingkungan, serta terus mempertahankan dan meningkatkan aspek keselamatan kerja di setiap kegiatan operasinnya ,pungkas Tuti padmayanti.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *