Bertemakan “Bersama Majukan Indonesia ”Korem 044/Gapo Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 

Beritapali.com # Palembang – Korem 044/Gapo menggelar upacara peringatan hari sumpah pemuda bertempat di lapangan Apel Makorem, Jalan Jenderal Sudirman Km 4.5 Palembang. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasi Ops Kasrem 044/Gapo Kolonel Inf Tri Yudianto Hendro Winoto, S.I.P dengan mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia”, Sabtu (28/10/2023).

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar yang dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta) dijadikan sebagai hari peringatan sumpah pemuda, menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”.

Membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo pada peringatan hari sumpah pemuda ke-95 tahun 2023, Kasi Ops mengatakan “Momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) mengingatkan bangsa indonesia terhadap sejarah gotong-royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam sumpah pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air indonesia, berbangsa satu bangsa indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa indonesia”

Lanjutnya “Setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong – royong lintas sektor. Karena kerja kolaboratif ini sesuai dengan amanah Undang-Undang no. 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres No. 43 Tahun 2022 tentang koordinasi lintas sektor penyelenggaraan pelayanan kepemudaan agar implementasi koordinasi lintas sektor tersebut efektif menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), maka pada momen hari sumpah pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua Stakeholder baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta elemen lainnya.

Baca Juga:  DANREM 043/GATAM HADIRI FINISH DAN CLOSING CEREMONY INDONESIA OFF-ROAD EXPEDITION PALA 2023

“Marilah kita jadikan momentum peringatan hari sumpah pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri”, tutupnya.

 

(Chairuns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *