Bersama Diskoperindag Kabupaten Banyuasin, KSP Budi Sejahtera Abadi Menggelar Acara Rapat Anggota Tahunan Ke. III Tahun Buku 2023

Beritapali.com # Palembang – Bertempat di The OPOM Union Jl. R.A. Abusamah, Jumat (17/05/24). Koperasi Simpan Pinjam Budi Sejahtera Abadi (KSP BSA) Kabupaten Banyuasin menggelar rapat anggota tahunan yang ke.III, tahun buku 2023.

Hadir dalam rapat tersebut, Ketua KSP BSA Kabupaten Banyuasin Budi Kurniawan di dampingi Bendahara Whydia Sulistio Ningrum termasuk hadir juga dari pengawas Akhi Muda Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Banyuasin Villya Chesty, SE.,MM.

Kepada awak media mewakili Ketua KSP BSA Kabupaten Banyuasin Whydia Sulistio Ningrum menyampaikan, KSP BSA beranggotakan 39 orang dengan memiliki total aset hampir 1(Satu) Miliar.

Whydia juga menjelaskan, yang dilakukan oleh KSP BSA yaitu memberikan kompensasi kepada setiap sektor usaha yang dijadikan sebagai sumber, seperti perdagangan hasil bumi melalui koperasi binaan yang bergerak secara mandiri.

Masih kata Whydia, menurutnya, KSP BSA selalu melakukan pemeriksaan rutin melalui rapat tahunan yang bertujuan untuk mengetahui dan mendalami lagi semua bidang koperasi.

“Kita akan terus mengembangkan koperasi, karena KSP BSA adalah satu-satunya koperasi yang berkembang di daerah transmigrasi di Kabupaten Banyuasin 2 (Dua) atau disekitar selat Bangka, namun, belum sampai Bangka,” jelasnya.

Lanjut Whydia menjelaskan, dirinya selalu mengadakan rapat tahunan, dan dalam rapat tersebut akan memberikan informasi tentang jalannya koperasi sebagai pertanggungjawaban pengawas untuk mengetahui perkembangan koperasi yang bersangkutan.

Saat disinggung syarat untuk menjadi anggota KSP BSA, Whydia mengatakan, syaratnya sangat mudah, yaitu cukup umur dan hanya membayar uang Rp.100 Ribu sebagai uang tabungan peranggotanya.

“Siapa yang ingin berorganisasi, koperasi kami akan menerima dan tentunya kami akan membukakan pintu yang sebesar-besarnya,” ujar Whydia akhiri pembicaraan.

Ditempat yang sama Villya Chesty menambahkan, semua jumlah koperasi di Kabupaten Banyuasin ada 529, namun yang aktif hanya 186 koperasi.

Baca Juga:  Perihal Sengketa Lahan, Sudah 3 Kali Pertemuan, Masyarakat Desa Padang Lengkuas Belum Terima Kepastian Dari BPN Kanwil Sumsel 

KSP BSA adalah salah satu Koperasi aktif yang sudah melakukan RAP ke-3 Tahun dan itu merupakan aturan dari pemerintah agar setiap koperasi untuk melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023.

Disisi lain Villya juga menyampaikan, dari seluruh 529 koperasi yang terdaftar, banyak terdapat koperasi bermasalah seperti, tidak melaksanakan RAT dan tidak melaporkan keuangannya kepada Diskoperindag. Hal itu tentunya, yang tidak sesuai dengan aturan sanksinya akan di hapuskan dari Diskoperindag.

“Saya melihat KSP BSA ini cukup baik. Dan, berharap kedepan agar lebih menertibkan administrasinya termasuk menggalakkan lagi kegiatan usahanya agar volumenya lebih meningkat, dan semoga anggotanya termasuk uang simpanan pokok serta uang simpanan wajibnya akan bertambah lebih banyak lagi,” pungkasnya.(Cha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *