Bakal Calon Walikota Palembang 2024, Basyaruddin Akhmad Melepas Keberangkatan Tim Penari Sanggar APIK Budaya 23 Sumsel Ke Jawa Tengah 

Palembang # Beritapali.com _ Bakal Calon Walikota Palembang 2024 Ir. Basyaruddin Akhmad M.Sc melepas keberangkatan 43 Penari dari Sanggar APIK Budaya 23 Sumatera Selatan (Sumsel).

Menuju Kota Solo, Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, penari yang berasal dari SD/MI, SMP/Mts, SMA dan SMK se Sumatera Selatan (Sumsel) diberangkatkan dari titik kumpul KFC Demang Lebar Daun menggunakan bus PO. Qitarabu guna memenuhi undangan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dalam perhelatan seni tari menyambut Hari Tari Internasional (HTI) yang jatuh pada tanggal 29 April 2024 mendatang.

“Saya sangat mengapresiasi terhadap Sanggar APIK Budaya 23 Sumsel yang berangkat ke Kota Surakarta dengan menggunakan dana sendiri. Insyaallah yang seperti ini akan kita bina, kita naungi, dan kita kembangkan untuk melestarikan budaya kearifan lokal,” ujar Basyaruddin Akhmad kepada awak media Beritapali.com, Sabtu (27/04/24).

Ditempat yang sama, L. Heri Darmadhi, CS.,SH.,SE.,MH selaku owner sekaligus sebagai pembina sanggar APIK Budaya 23 Sumsel menjelaskan, bersama rombongan dirinya berangkat guna memperlihatkan dan memperkenalkan tari-tarian tradisional Sumsel.

Dimana menurutnya, masyarakat Provinsi Jawa Tengah khususnya Kota Solo, Surakarta belum banyak mengenal tari-tarian tradisional daerah Sumsel, salah satunya asal Palembang, yaitu tari Gending Sriwijaya.

“Di sana nanti banyak tamu undangan dari mancanegara, selain tari Gending Sriwijaya kami juga akan memperkenalkan tarian asal Kabupaten Ogan Ilir, salah satunya yaitu, tari kreasi Sampang Penangkal Siung,” ucap Heri Darmadhi.

Lanjut Heri Darmadhi menjelaskan, dalam keberangkatan semua anggaran dana di support langsung oleh orang tua masing- masing tanpa bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumsel, maupun Kota Palembang.

“Ya’, tanpa rasa lelah anak-anak berlatih setiap hari selama satu bulan. Tentunya, apa yang kami lakukan ini semua demi mengharumkan nama baik Provinsi Sumsel,” pungkas Heri Darmadhi tutup pembicaraan.

Baca Juga:  Ditreskrimsus Polda Sumsel Berhasil Amankan 6 Sopir Pengangkut Batubara Ilegal

 

(Cha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *