Panwaslu Kecamatan Talang Ubi Melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif.

Pali, Beritapali.com — Panwaslu Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Hari ini Melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Dengan Tema Menumbuhkan Peran Masyarakat Dalam Pengawasan Partisipatif Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pali Tahun 2024.

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif ini dilakukan di ruang aula The star cafe dan resto, Jalan Merdeka Kelurahan Talang Ubi Selatan, Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir pada hari Sabtu, (14/09/2024).

Sosialisasi Bertujuan untuk pelaksanaan pengawasan pemilihan umum yang tertuang dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, Hadirnya Perbawaslun omor 2 tahun 2023 tentang pengawasan partisipatif yang menjadi acuan dasar program pengawasan partisipatif.

 

Yang mana pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang efektif dengan melibatkan setiap elemen Masyarakat sebagai Pengawasan Partisipatif, Guna meningkatkan kualitas demokrasi dan memastikan hak politik seluruh warga Masyarakat terlindungi, Serta memastikan pemilu bersih, transparan dan berintegritas dari sisi penyelenggara dengan didorong tingginya partisipasi semua elemen masyarakat, Mendorong terwujudnya pemilu sebagai instrumen penentu pemimpinan politik dan evaluasi kepemimpinan politik serta Mendorong munculnya kepemimpinan politik yang sesuai dengan Aspirasi terbesar untuk Masyarakat.

 

Dilanjutkan dengan Konseptor dan inisiator terhadap isu yang terbagi menjadi 3 kelompok, Yaitu tim menyusun Rencana kebijakan, dengan melakukan Koordinasi konten dengan kader SKPP dan konten kreator, menyusun rencana konten memproduksi konten, diseminasi informasi edukasi pengawasan pemilu, pemangku kepentingan serta evaluasi Dan lainnya.

 

Pentingnya Partisipasi Masyarakat dalam pengawasan Pemilu atau Pemilihan dapat memberikan pendidikan politik kepemiluan dan kelembagaan pengawas Pemilu bagi masyarakat; menciptakan kader dan tokoh penggerak untuk menciptakan model dan metode pengawasan yang efektif, dan sistematis sesuai dengan situasi dan kondisi penyelenggaraan Pemilu atau Pemilihan.

Baca Juga:  Polres Pali gelar Kegiatan Shalat Idul Fitri (Sholat Ied) 1444 Hijriyah di Halaman Mapolres PALI.

 

Ketua Ketua Bawaslu Kabupaten Pali, Lestrianti, Am,kep., mengatakan, kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif sebagai upaya Bawaslu dalam hal ini melalui Panwascam Talang Ubi menggandeng berbagai stakeholder atau elemen Masyarakat agar menjadi bagian yang akan turut terlibat aktif dalam pengawasan pemilu.

 

“Sosialisasi seperti ini akan dilakukan beberapa kali bersama dengan kelompok-kelompok Masyarakat. Sejumlah komunitas dan kelompok Masyarakat yang dilibatkan dalam sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif, Diharapkan agar semua kelompok masyarakat termasuk kelompok lainnya dapat ikut terlibat aktif dalam pengawasan pemilihan, karena Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati pali tahun 2024 ini menjadi milik seluruh warga negara dan bukan milik penyelenggara pemilu atau kelompok-kelompok tertentu. Sehingga seluruh warga negara baik laki-laki maupun perempuan memiliki hak yang sama di dalam penyelenggaraan pemilu,” Demikian ungkap Lestrianti.

 

Liputan: Rahasmin Sawiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *