Polsek Penukal Utara melakukan ground cek HS ke lokasi kebakaran lahan di Desa Prabumenang.

Beritapali.com – Kebakaran Hutan Kebun dan Lahan (Karhutbunla) kembali terjadi di kabupaten PALI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada Selasa tanggal 03 Oktober 2023.

 

Karhutbunla kali ini masuk dalam wilayah hukum Polsek Penukal Utara Polres PALI, tepatnya di Desa Prabumenang, Kecamatan Penukal Utara kabupaten PALI.

 

Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K, M.H, melalui Kapolsek Penukal Utara IPTU Fredy Franse Triwahyudi, SH, membenarkan adanya Karhutbunla diwilayah hukumnya.

 

Menurutnya, informasi yang diterima pihaknya kejadian itu pada Selasa malam sekira pukul 23.00 WIB, setelah pihaknya koordinasi dengan Posko BPBD setempat.

 

” Tim kemudian berangkat melakukan ground cek HS ke lokasi titik kebun yang dilaporkan terbakar tersebut,” kata Kapolsek Penukal pada Rabu (4/10/2023).

 

Lanjutnya, setelah dilakukan penelusuran, tak lama kemudian titik yang dimaksud ditemukan, setibanya disana ternyata sudah banyak masyarakat berada di areal kebun yang terbakar, untuk memadamkan api itu.

 

” Tim Gabungan bersama sama dengan masyarakat mulai memadamkan api dengan alat semprot gendong yang dibawa oleh BPBD, dibantu warga menggunakan alat tradisional masyarakat untuk melakukan penyekatan sekeliling kebun,” ujarnya.

 

Lanjut Kaposek, Setelah diperkirakan 20 menit kegiatan tersebut, api tersebut berhasil padam oleh Tim Gabungan dan Masyarakat Desa Prabumenang.

 

” Kebun yang terbakar tersebut diperkirakan lebih kurang seluas 3 hektare, namun untuk sementara ini penyebab terjadinya kebakaran masih dalam penyelidikan,” tandasnya.

 

(Rahasmin/Tim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *