Pipa minyak milik PT. Pertamina EP Pendopo Field kembali bocor.

Pali, Beritapali.com – Disinyalir Pipa minyak milik PT. Pertamina EP Pendopo Field di Wilayah Desa Sukamaju dan Desa Suka Damai Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) kembali bocor pada Hari Kamis malam (07/03/2204) sekitar pukul 20.55 WIB.

Akibat kebocoran Tersebutat Minyak mentah yang jumlahnya cukup banyak tumpah dan mencemari sungai di sekitar kebun Warga Setempat.

Berdasarkan pantauan Tim Media dilapangan pagi hari usai kejadian, terlihat air sungai berubah menjadi berwarna cokelat, karena bercampur tumpahan minyak yang mengalir dari parit sisi Jalan lalu mengalir ke Sungai yang mana Minyak mentah tersebut mengenangi pernukaan air lebung.

 

Permukaan air juga tampak mengkilat terkena sinar matahari dan menandakan sungai itu benar-benar tercemar oleh minyak menta yang diduga dari pipa Minyak milik PT. Pertamina EP Pendopo Field.

 

Sementara itu, salah satu warga Dusun II Desa Sukamaju Matihar mengutarakan kebunnya berada di aliran sungai tersebut, Kami sebagai pemilik kebun yang terkena limbah yang mengalir di sungai ini minta segerah di bersihkan limbah minyak mentah ini secepatnya,”Tuturnya.

 

“Karena akibat limbah minyak ini air yang biasanya digunakan untuk kebutuhan di kebun akibat adanya tumpahan minyak mentah ini tidak bisa di gunakan airnya,” ujarnya.

 

Lebih lanjut dikatakan Tihar nama akrab sapaannya, dampak limbah minyak ini sungai menjadi tercemar, ikan di sungai menjadi mati dan stres.

 

“Kami sangat dirugikan, biasanya kami bisa memancing ikan untuk lauk pauk, akibat limbah minyak ini sekarang kami tidak bisa memancing lagi,” bebernya.

 

Di tempat terpisah, di konfirmasi Tim Media, pihak Pertamina, Tuti Dwi Patmayanti Head Of ComRel Regional 1 Zona 4 membenarkan telah terjadi kerusakan pada trunkline segment IV di Desa Suka Damai Kecamatan Talang Ubi akibat sabotase.

Baca Juga:  Terindikasi Adanya KKN, Puluhan Massa LSM SIRA Sambangi Kejari Kota Palembang

 

“Ya benar adanya kerusakan pipa tepatnya pukul 20.55 WIB semalam pada jalur trunkline segment IV di Desa Suka Damai Kecamatan Talang Ubi yang diduga karena sabotase oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Kita telah melakukan penanggulangan dengan pemasangan pasak dan mengclamp pada pipa tersebut, Alhamdulillah pukul 22.35 WIB kegiatan penanggulangan selesai,” Jelas tuti.

 

Lebih lanjut tuti mengatakan “Penanggulangan akan tetap kita laksanakan dengan melakukan pembersihan disekitar area kerusakan pipa dengan memasang snake boom untuk menahan laju aliran menuju ketempat – tempat yang tidak kita inginkan serta meakukan pembersihan disekitar area terdampak,” tutupnya.

 

(Rahasmin/Tim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *