Hari Disabilitas Internasional 2023, Kemensos Laksanakan Berbagai Rangkaian Kegiatan di PALI.

Pali, Beritapali.com – Berbagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Disabiltas Internasional (HDI) tahun 2023 dilaksanakan Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia melalui Sentra Abiyoso, di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Sumatera Selatan. Bupati Pali, Heri Amalindo, juga berkesempatan menyerahkan bantuan sembako dan makanan tambahan kepada perwakilan dari peserta disabilitas.

Bertempat di Bumi Perkemahan Simpang Raja, Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Pali, pada Selasa (5/12/2023) puncak peringatan HDI tahun 2023 dilaksanakan Sentra Abiyoso. Kegiatan yang dihadiri Bupati Pali, seluruh elemen Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stake holders terkait yang ada di Kabupaten Pali, dan perwakilan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat.

Kepala Sentra Abiyoso, Agung Hendrawan, menjelaskan tujuan dari pelaksanaan kegiatan HDI ialah untuk meningkatkan pemahaman dan penerimaan publik terhadap disabilitas, menjadi ruang publik untuk menunjukkan kepedulian terhadap kaum disabilitas untuk dapat mengeksplor kemampuannya, dan meningkatkan kerjasama serta sinkronisasi program antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Adapun rangkaian HDI tersebut digelar mulai 2 Desember sampai dengan 5 Desember 2023, yang meliputi Indonesia bebas dari pasung, operasi katarak, operasi bibir sumbing, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah dan senam kesehatan jasmani. Selain itu pihaknya juga menyalurkan bantuan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) yang meliputi pemenuhan hidup layak, alat bantu disabilitas dan pemberian bantuan motor roda 3 untuk kewirasusahaan.

 

” Hari ini merupakan rangkaian dari hari disabilitas internasional, yang dilaksanakan oleh sentra abiyoso kemensos. Rangkaiannya itu mulai dari tanggal 2 desember kemarin kita melaksanakan operasi bibir sumbing, pembebasan pasung, dan operasi katarak, serta penyaluran dan alat bantu. Hari ini, kita melaksanakan puncak acaranya di kabupaten pali, ada donor darah, pemeriksaan kesehatan dan penyaluran lainnya.” Ungkap Agung Hendrawan pada Selasa (5/12/2023).

Baca Juga:  Diduga Pemakai Serbuk Setan,Erik Ditangkap Team Tapak Rimau.

 

Ia juga menambahkan, bahwa pihaknya pada tahun 2023 telah menyalurkan bantuan di tiga wilayah kerja Sentra Abiyoso yaitu Kabupaten Pali senilai Rp. 605.331.626, Kabupaten Lahat senilai Rp. 317.758.628, dan Kabupaten Muara Enim senilai Rp. 399.777.296. Sementara di puncak HDI yang digelar di Kabupaten Pali, Sentra Abiyoso menyalurkan atensi senilai Rp. 252.818.500. Dengan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya para disabilitas yang sudah berjuang untuk kesejahteraannya dan bahkan untuk kesejahteraan orang lain.

 

” Harapan kami, kepada kepala daerah dapat mendorong lagi syaratnya dalam hal ketersediaan data calon penerima manfaat. Alasan kami menggelarnya di pali karena salah satu dari wilayah kerja kami, dan sebenarnya tidak ada kriteria khusus yang kita pilih dalam menentukan tempat pelaksanaan HDI, hanya memang kami melihat semuanya serius dari 3 kabupaten di sumsel yang menjadi wilayah kerja kami dari sentra abiyoso, hanya saja dari kesiapannya pemerintah kabupaten pali lebih siap dalam melaksanakan kegiatan hari disabilitas internasional ini.” Jelasnya.

 

Dalam kegiatan tersebut  Bupati Pali, Heri Amalindo, mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan dapat melindungi hak dari penyandang disabilitas agar dapat berkreasi dan berekpresi serta secara utuh mendapatkan haknya sebagi warga negara dan sebagai individu. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Pali, akan terus memberikan kepedulian, empati dan simpati kepada disabilitas.

 

” Tentunya bagi kami kabupaten pali, ini merupakan suatu hal yang luar biasa, dan kami ucapkan terimakasih, serta kedepannya kami mengajak jajaran dinas sosial kami bersama seluruh staf bergerak kewilayah-wilayah untuk dapat membantu para disabilitas-disabilitas kita,” Ujarnya.

 

(Rahasmin Sawiran).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *