Germaki, Formabang Dan Perumda Tirta Musi Palembang Menggelar Acara FGD Sosialisasi Penyesuaian Tarif Air Bersih 

Beritapali.com # Palembang – Gerakan Masyarakat Anti Korupsi (Germaki) dan Forum Mahasiswa Palembang (Formabang) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Musi Palembang menggelar acara Focus Group Discussion (FGD), bertempat di Ballroom Hotel Grand Daira Palembang, Jl. Jend.Sudirman, Kamis (14/09/23).

Bertemakan “Sosialisasi Penyesuaian Tarif Perumda Tirta Musi” acara FGD tersebut  menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya, Direktur Utama Perumda Tirta Musi Palembang Andi Wijaya, pengamat ekonomi Yudin Hasmin, SE.,MM, koordinator pengawasan bidang akuntan Negara BPKP Provinsi Sumsel Meidiyanto, Kepala perwakilan Ombudsman Provinsi Sumsel Prana Susiko, S.Hi., M.Si, dan melalui zoom meeting hadir juga Ketua Komisi II DPRD kota Palembang Abdullah Taufik.

Umar Yuli Abas, selaku Ketua Germaki sekaligus sebagai Ketua panitia pelaksana menyampaikan,

“terimakasih kepada Perumda Tirta Musi yang telah membantu dan memfasilitasi acara FGD ini”, ujarnya.

Lanjut Umar mengatakan, “acara FGD bertujuan untuk bagaimana memahami, Perumda Tirta Musi Palembang sebagai perusahaan air bersih kebanggaan, agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Palembang”, jelasnya.

Selain itu ditempat yang sama, Andi Wijaya mengatakan, acara FGD ini sekaligus bertujuan untuk mensosialisasikan penyesuaian tarif air bersih di Kota Palembang.

Berdasarkan surat keputusan Walikota Palembang No.303/KPTS/V/2023, bahwa Perumda Tirta Musi Palembang resmi menaikkan tarif air bersih mulai Oktober 2023.

“Perumda Tirta Musi akan menyesuaikan tarif secara berjenjang, yaitu berkisar rata-rata 15 persen, untuk tarif sosial 12,5 persen, tarif rumah tangga 15 persen”, jelas Andi Wijaya.

“Cara penghitungannya itu tergantung dari permeter kubik air yang digunakan, jadi semakin banyak air yang digunakan itu akan semakin mahal tarif yang akan dibayarkan”, terangnya.

Disinggung awak media tentang aduan masyarakat, apakah benar pemasangan pipa air bersih Perumda Tirta Musi Palembang dilakukan melalui jasa pihak ketiga?

Baca Juga:  Sat Reskrim Polres PALI amankan terduga pelaku pencuri pipa milik PT Pertamina EP Adera Field, 

“Terkait pemasangan pipa air bersih untuk masyarakat, jika melintasi jalan aspal atau cor beton, kemungkinan galian lubangnya agak dalam, sehingga sebulan kemudian akan amblas, hal ini pelaksananya pasti akan kita tegur untuk segera memperbaikinya kembali. Bila ada hal semacam ini, masyarakat juga bisa mengadu ke Perumda Tirta Musi Palembang dengan menghubungi nomor telepon call center”, pungkas Andi Wijaya akhiri pembicaraan.

Hadir juga dalam acara FGD tersebut, Staf Ahli Walikota bidang Perekonomian Pembangunan Investasi Kota Palembang dr. Hj. Letizia, M.Kes, Ketua Formabang Yoga Anugrah, Ketua MPC Pemuda Pancasila Palembang Nursyamsu M.A.H Iding, dan beberapa Ketua organisasi, serta para Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Pewarta : Chairuns

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *