Caleg DPRD Kota Palembang Dari Partai NasDem Dapil 3 Nomor Urut 04 Inisial YD Diduga Bagi-bagi Uang Melalui Ketua RT

Palembang # Beritapali.com – Pemilihan Umum (Pemilu) selalu diwarnai kecurangan yang dilakukan oleh oknum tim sukses. Hal ini tentunya segala macam cara dilakukan demi memenangkan calon yang di dukungnya.

Seperti yang terjadi di TPS 24 dan 25, Kelurahan Sungai Buah, Kecamatan Ilir Timur II Palembang. Mengutip dari keterangan beberapa warga RT.16 salah satunya inisial AF.

Dirinya mengatakan, dimana Ketua RT.16 beberapa hari sebelumnya diduga telah membagikan uang siraman atau yang sering dikenal dengan nama “Money Politics” kepada warga, dan pada saat warga melakukan pencoblosan DPRD Kota Palembang, mereka sengaja diawasi oleh petugas Linmas untuk tidak mencoblos Caleg lain, selain nomor urut 04 dari Partai NasDem, Dapil 3 dengan inisial YD.

“Memang benar warga mendapat uang siraman dari Caleg bernama YD melalui Ketua RT. Selain itu, saat mencoblos warga juga diawasi anggota Linmas yang berdiri tidak jauh dari kotak surat suara”, ujar AF kepada awak media pada Rabu (21/02/24).

Lanjut kata AF, warga RT.16 di arahkan untuk memilih Caleg dengan inisial YD jika tidak, maka akan dipersulit untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Disini saya lihat para petugas TPS seperti ada konspirasi untuk memenangkan Caleg dari Partai NasDem nomor urut 04”, jelasnya.

Di lokasi yang berbeda, warga RT.16 dengan inisial SU menambahkan, pada saat warga melakukan pencoblosan, disitu ada seorang Panwaslu berdiri ditengah-tengah warga yang sedang mencoblos, bahkan kata SU, Panwaslu tersebut sampai membukakan kertas surat suara, sambil mengarahkan tangan warga untuk mencoblos Caleg dengan nomor urut 04 dari Partai Nasdem yang bernama YD.

Saat disinggung, apa benar selain di TPS 25 hal serupa juga terjadi pada TPS 24, lanjut SU menegaskan.

Baca Juga:  Perwira Bermasalah Jadi Kapolsek Sanga Desa, POSE RI: Tidak Adakah Personil Berkompeten di Polda Sumsel,???

“Ya’ itu benar sekali, saya melihat dengan mata kepala saya sendiri, terutama kepada wanita yang baru pertama kali mencoblos, mereka diarahkan untuk mencoblos Caleg dari Partai NasDem dengan nomor urut 04 yang bernama YD”, tandasnya.

Terkait hal ini, saat dilakukan konfirmasi, Ketua RT.16 Rudianto menanggapi, semua yang di katakan oleh warganya itu tidak benar.

Menurutnya, semua itu hanya tuduhan saja, bahkan kata Rudianto, dirinya tidak mengetahui sama sekali kalau ada siraman uang dari Caleg kepada warganya.

“tidak ada dan tidak pernah saya membagikan uang kepada warga, mungkin itu hanya tuduhan saja”, bantah Rudianto.

“Kalau soal anggota Linmas jalan-jalan di sekitar area TPS itu wajar saja, kan mereka melakukan pengamanan, mereka ke TPS 24, itu juga mungkin hanya mengambil air minum saja, kan mereka jaga sudah ada tempatnya masing-masing”, pungkas Rudianto akhiri pembicaraan.

 

(Cha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *