Agus Fathoni Resmi Jadi Pj Gubernur Sumsel, Bupati Heri Amalindo Hadir

Jakarta, Beritapali.com – Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Dr Ir H Heri Amalindo MM diwakili Asisten 3 Haryono SH hadir pada pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fathoni, Senin 2 Oktober 2023.

 

Kehadiran Bupati Heri Amalindo yang diwakili Asisten 3 memenuhi undangan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pasca kepemimpinan Gubernur Herman Deru dan Wagub Mawardi Yahya berakhir.

 

“Saya hari ini mewakili Bapak Bupati Heri Amalindo menghadiri pelantikan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan dan Penjabat Gubernur Kalimantan Timur di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kemendagri Jakarta,” ungkap Haryono melalui pesan WhatsApp.

 

Ditambahkan Haryono bahwa yang melantik Pj Gubernur Sumatera Selatan lansung dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri.

 

“Prof.Drs.H.M Tito Karnavian yang melantik Dr Agus Fathoni sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Selatan. Beliau (Agus Fathoni) menjabat Dirjen Keuda Kemendagri,” imbuhnya.

 

Menurut Haryono, dalam kegiatan tersebut dilantik juga Penjabat Ketua TP. PKK Sumatera Selatan dan Provinsi Kalimantan Timur.

 

“Pelantikan Pj Ketua TP.PKK Provinsi dilakukan oleh ketua TP PKK Pusat Ibu Tri M.Tito Karnavian. Dengan dilantiknya Pj Gubernur Sumsel dan ketua TP.PKK Provinsi  kami mewakili Pemda PALI mengucapkan selamat bertugas,” pungkasnya.

 

Diketahui bahwa seiring berakhirnya masa jabatan Gubernur Sumatera Selatan pada tanggal 30 September 2023, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menunjuk Agus Fathoni menjadi Pj Gubernur.

 

Namun sebelumnya, yakni tanggal 1 Oktober 2023, Menteri Dalam Negeri menunjuk Sekda Sumatera Selatan sebagai Pelaksana Harian (Plh) mengisi kekosongan jabatan Gubernur Sumsel.

 

 

Dan sebelum pelantikan Agus Fathoni sebagai Pj Gubernur Sumsel, ada beberapa nama yang diusulkan DPRD Provinsi Sumatera Selatan untuk menjadi Penjabat Gubernur.

Baca Juga:  Riko (19) warga Dusun II Desa Sepantan Jaya Kecamatan Penukal ditangkap Satres Narkoba Polres Pali.

 

Namun sejumlah nama tersebut tidak muncul ketika Menteri Dalam Negeri mengajukannya ke Presiden RI. Dimana akhirnya, nama Agus Fathoni yang dilantik saat ini untuk memimpin Provinsi Sumatera Selatan hingga Gubernur dan wakil Gubernur Sumsel terpilih dilantik.

 

(Rahasmin/Tim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *