Agar taradisi tidak lapuk dimakan zaman, Masyarakat Desa Talang Bulang, Mengelar sedekah Dusun.

Pali, Beritapali.com – Masyarakat Desa Talang Bulang, Kecamatan Talang Ubi, kabupaten PALI Provinsi Sumatera Selatan, menggelar acara Sedekah Dusun pada Jumat (28/7/2023).

Ratusan masyarakat berduyun duyun datang memenuhi Balai Desa ikut membacakan doa serta ritual dalam kegiatan Sedekah Dusun yang dipusatkan di Dusun ll Desa Talang Bulang tersebut.

Usai membaca doa bersama, dilakukan pemotongan tumpeng nasi oleh ketua Adat Dusun ll Talang Bulang, diikuti Kepala Desa Talang Bulang, DPRD PALI dan tokoh masyarakat setempat.

Sedekah Dusun merupakan budaya turun menurun yang selalu diadakan oleh nenek moyang masyarakat Desa Talang Bulang. Kegiatan seperti ini selalu digelar di setiap awal bulan Muharram.

Sedekah Dusun merupakan upacara yang unik dengan khasanah Budaya lama, sehingga kebudayaan adat yang ada dari nenek moyang terdahulu, bisa dilestarikan kembali tidak lapuk dimakan zaman.

Seperti dikatakan Wagimin ketua Adat Dusun ll Desa Talang Bulang, menurutnya kegiatan itu merupakan bentuk syukur kepada Allah SWT, selain itu juga berdoa agar masyarakat Desa terhindar dari bala dan bencana.

” Sedekah Dusun Memohon keberkahan pada Tuhan Yang Maha Esa, mempererat tali silahturahmi masyarakat Desa, dan melestarikan kebudayaan, adat tradisi nenek moyang terdahulu,” kata Wagimin.

Sementara Menriadi, kepala Desa Talang Bulang mengungkapkan, bahwa gelaran sedekah Dusun merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat setempat.

” Sedekah Dusun ini sudah menjadi tradisi di Desa Talang Bulang, kita sebagai Pemerintah Desa sangat mendukung,” kata ujar Kepala Desa Talang Bulang kepada wartawan.

Dia mengatakan, kegiatan Sedekah Dusun ini sudah berlangsung lama, bahkan boleh dikatakan sejak berdirinya Desa Talang Bulang Sedekah Dusun ini selalu diadakan.

Baca Juga:  Bersama Rektor UNSRI Taufiq Marwa Sebanyak 33 Profesor Baru Dikukuhkan

” Seingat saya, dari kepala Desa pertama hingga sekarang masih terus dilaksanakan, artinya Sedekah Dusun sudah menjadi tradisi dan budaya turun menurun,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Safirin anggota DPRD PALI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat dimintai pendapat terkait Sedekah Dusun ini sangat mensupport, dan dia berharap kedepannya lebih meriah lagi.

” Saya berharap kepada pemerintah daerah, dalam hal ini Bupati PALI, agar lebih intens dan mensupport kegiatan seperti ini, supaya tradisi dan budaya yang ada tidak sirna,” Imbuh Wakil Ketua Komisi lll DPRD PALI itu.

Karena putra Daerah asli Desa Talang Bulang itu, kegiatan seperti ini sangat positif dan lebih memperkuat jalinan silaturahmi antara warga, melalui tradisi dan budaya yang ada di setiap Desa dalam kabupaten PALI.

Liputan: Rahasmin Sawiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *