Siswa SDN 33 Talang Ubi Desa Sungai Ibul, Melaksanakan Uji Coba Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Pali, Beritapali.com — Sejumlah siswa kelas 5 SDN 33 Talang Ubi, Menggelar kegiatan uji coba simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Yang mana sebentar lagi siswa SD, SMP, dan SMA akan mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2024. Sehingga siswa perlu berlatih simulasi latihan ANBK.

ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

ANBK digelar untuk melihat evaluasi terhadap efektivitas pembelajaran dan kurikulum yang diterapkan. Ada tiga instrumen yang digunakan dalam asesmen yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) literasi-numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Berdasarkan Pantauan awak Media, simulasi uji coba ANBK yang di selengarakan hari ini di SDN 33 Talang Ubi Tepatnya di Desa Sungai Ibul Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) pada hari Rabu, (25/09/2024) tersebut nantinya akan di ikuti oleh 2 SDN di Wilayah terdekat, Seperti SDN 45 Talang Ubi dan SDN 19 Talang Ubi.

Dimana para siswa tampak serius menatap layar monitor saat mengikuti uji coba simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2024.

Kegiatan ini berlangsung di ruang kelas 5 SDN 33 yang terletak di Dusun 1, Desa Sungai Ibul.

 

Meskipun ini merupakan uji coba, Siswa harus fokus memahami pertanyaan dan menjawab soal-soal yang ada, Dikarenakan melalui uji coba simulasi ANBK ini, siswa yang didampingi oleh sejumlah guru yang membantu dengan memberikan kisi-kisi soal dan panduan selama simulasi.

 

Kepala SDN 33 Talang Ubi, Kholil Abdullah S.Pd.SD.Gr saat di confemasi Terkait menjelaskan bahwa uji coba simulasi yang berlangsung hari ini, diikuti oleh seluruh siswa kelas 5 SDN 33, SDN 19 dan SDN 45.

Baca Juga:  Kapolres PALI Terima Piala Juara Satu Umum Lomba Layangan 2023.

 

“Simulasi ini merupakan latihan untuk mempersiapkan siswa menghadapi ANBK yang sesungguhnya, Karena jadwalnya lagi menunggu jadwal dari pusat” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Rabu siang, 25 September 2024.

 

Kholil menambahkan bahwa soal-soal yang diberikan dalam simulasi ini tidak terlalu sulit, Karena tujuan utamanya adalah melatih siswa agar lebih siap menghadapi ANBK yang di lakukan oleh Dinas Pendidikan, dan ini masih dalam tahap latihan,” Tambahnya.

 

“Simulasi ini juga bertujuan untuk memeriksa kesiapan perangkat dan sistem teknis yang akan digunakan saat pelaksanaan ANBK sebenarnya, seperti jaringan internet, komputer, serta perangkat lunak ANBK. Para guru memastikan bahwa semua sarana dan prasarana berfungsi dengan baik. Dan kami berharap persiapan yang matang ini dapat memastikan pelaksanaan ANBK berjalan lancar dan siswa-siswa kami dapat meraih hasil yang optimal,”Tutup Kholil.

 

Liputan: Rahasmin Sawiran.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *