SDN 33 Talang Ubi menggelar kegiatan Workshop bertema “Penerapan P5 Di Satuan Pendidikan Sesuai Dengan Kurikulum Merdeka”

Pali, Beritapali.com — Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, SDN 33 Talang Ubi  menyelenggarakan kegiatan workshop bertema “Penerapan P5 Di Satuan Pendidikan Sesuai Dengan Kurikulum Merdeka” pada hari Selasa, (01/10/2024).

Dimana Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang guru dari 4 SD yaitu SDN 18, 19, 33 dan 45, dengan narasumber Bpk Triyatno, S.pd selaku pengawas SD/MI Dinas Pendidikan Kabupaten Pali.Dimana Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang guru dari 4 SD yaitu SDN 18, 19, 33 dan 45, dengan narasumber Pak Triyatno : Co captain belajar.id bukan pengawas. dengan dewan pengawas ibu Rusti, S.Pd.SD serta dihadiri langsung oleh ibu Oktovia Panjaitan, S.Pd.SD selaku kasi pembinaan GTK Disdik Pali.

Rusti, menjelaskan, Warkshop adalah salah satu konsep penting dalam kurikulum merdeka adalah project penguatan profil pelajar Pancasila atau P5 untuk mendukung investasi P5 di satuan pendidikan dalam wadah komunitas belajar antar sekolah tapi bermakna.

“Workshop peningkatan mutu guru dengan tema penerapan P5 di satuan pendidikan sesuai dengan kurikulum merdeka, Yaitu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang konsep P5 dan implementasinya di sekolah, Membekali guru dengan keterampilan dalam merancang dan melaksanakan project level 5 yang efektif memfasilitasi berbagai praktik baik dalam penerapan P5 di kelas meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka dengan memberikan ruang yang luas bagi untuk berinovasi dalam pembelajaran.,”Ucapnya.

Yaitu Kurikulum Merdeka memberikan ruang yang luas bagi untuk berinovasi dalam pembelajaran.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 33 Talang Ubi Kholil Abdullah S.Pd.SD.Gr, menenangkan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar formalitas, melainkan langkah konkret untuk memastikan bahwa guru-guru di SDN Talang Ubi mengikuti perkembangan pendidikan terkini.

Baca Juga:  Warga Dusun 7 Desa Panta Dewa diduga kuat telah menjadi korban kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang.

 

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan kompetensi guru agar mampu memberikan pendidikan yang lebih baik kepada siswa, Sehingga mampu menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan memberikan dampak positif pada perkembangan siswa sesuai dengan Pancasila atau P5,”Terangnya.

 

Kami yakin bahwa guru yang terus meningkatkan kompetensinya akan mampu menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan memberikan dampak positif pada perkembangan siswa,”Ungkapnya.

 

“Workshop ini tidak hanya berfokus pada paparan materi, tetapi juga menciptakan ruang untuk interaksi dan kolaborasi antar guru. Sesi diskusi kelompok, sharing pengalaman, dan pertukaran ide menjadi bagian integral dari kegiatan ini,”Tutupnya.

 

Berdasarkan informasi awak media dilapangan, SDN 33 Talang Ubi menggelar kegiatan Warkshop peningkatan mutu guru dalam komunitas belajar antar sekolah, yaitu kurikulum Merdeka dengan memberikan ruang yang luas untuk berinovasi dalam pembelajaran. Yang mana waktu pelaksanaan kegiatan Workshop sendiri dilaksanakan di SDN 33 Talang Ubi  Desa Sungai Ibul yang diikuti oleh 50 orang guru dari 4 sekolah dasar yaitu SDN 33 Talang Ubi SDN 18, SDN 19 Talang Ubi dan SDN 45 Talang Ubi.

 

Dengan materi yang disampaikan dalam Workshop meliputi konsep P5 dengan tujuan pembelajaran tahapan dalam merancang dan melaksanakan project P5, adapun Contoh-contoh project P5 yang enomatik evaluasi pembelajaran berbasis projek dengan dilanjutkan metode yang digunakan dalam Workshop ini adalah prestasi diskusi kelompok yaitu praktik langsung studi kasus.

 

Workshop ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di SD, baik di SDN 18, 19, 33 dan 45 Talang Ubi dan diharapkan melalui kegiatan ini guru dapat menjadi agen perubahan dalam mewujudkan profil pelajar berlandaskan Pancasila.

Baca Juga:  Unjuk Rasa Tim Advokasi Perangkat Desa, Rumah Dinas Bupati Lahat Di Hujani Sampah Busuk

 

Liputan: Rahasmin Sawiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *