Putri Kembang Wulan Menyapa Masyarakat Lorong Lembaga Kelurahan 2 Ulu Palembang

Palembang # Bertapali.com _ Pariwisata memiliki potensi besar sebagai sumber pendapatan ekonomi, namun tantangan utamanya adalah kolaborasi antara masyarakat, pemerintah, dan media untuk pengelolaan yang efektif. Sebagai bagian dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik STISIPOL Candradimuka Palembang ke-27 dengan tema “Sustainable Tourism,” mahasiswa dibagi kedalam 10 kelompok yang tersebar di-5 kelurahan, termasuk 2 Ulu.

Kelompok 7 fokus pada Rumah Bingen di Lorong Lembaga, yang meskipun pernah meraih juara 2 Kampung Kreatif Kota Palembang pada tahun 2023, tetapi saat ini rumah bingen kurang diberdayakan. Untuk menghidupkan kembali tempat ini,kelompok 7 berpartisipasi mengadakan pertunjukan drama “Putri Kembang Wulan” pada 28 Juli 2024.

Suasana disekitar Rumah Adat Bingen dipenuhi dengan antusiasme warga yang mengenakan pakaian tradisional dan mempersiapkan acara. Lampu minyak yang digantung di panggung bambu menciptakan suasana yang hangat dan menarik. Para pemain teater, mengenakan kostum berwarna-warni, mempersiapkan diri untuk membawakan cerita epik dari legenda lokal.

Pertunjukan dimulai dengan musik tradisional yang mengisi udara, dan penonton dari berbagai usia mengikuti setiap adegan dengan penuh perhatian. Sorak-sorai dan tepuk tangan menunjukkan keterhubungan mereka dengan cerita.

Abdurrahman Arif, MPA, DPL Kelompok 7, berharap kegiatan ini mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lapangan untuk berbagai aktivitas dan termasuk perdagangan dan kegiatan budaya. Pak Ivan, Ketua RT 07, menambahkan harapan agar masyarakat lebih berani berjualan di sekitar lapangan, yang disambut antusiasme warga.

Adapun Putri kembang Wulan dalam pertunjukan tersebut diperankan oleh Sri Rahma Triwulan juga mahasiswi KKN Stisipol Candra Dimuka Kelompok 7.

 

(Cha/Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *