Mediasi MD3PB Bersama Beberapa Perusahaan Terkait Masalah Tonase dan Jalan Rusak Didesa Prajin Berlangsung Alot

Palembang # Beritapali.com – Forum Masyarakat Dusun Dua Desa Perajin Bersatu (MD3PB) gelar mediasi dengan beberapa perusahaan yang ada disekitar wilayah tersebut tersebut di Kantor Desa Perajin Kecamatan Banyuasin 1 Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa, (1/6/2024).

Perusahaan yang hadir dalam mediasi tersebut diantaranya PT. SAP & WPI, PT. ASPALINDO, PT. DSAP & RSA, PT. HLRF dan PT. TBL Pelabuhan Perajin.

Hal tersebut dilakukan menindaklanjuti hasil konsolidasi masyarakat Dusun 2 Desa Perajin dengan beberapa Perusahaan pada, Sabtu (1/6/2024) beberapa hari yang lalu, terkait ketidak nyamanan dan kekesalan warga terhadap beberapa perusahaan.

Sebelum dilakukan mediasi, Senin (3/6/2024) kemarin masyarakat yang mengatasnamakan MD3PB melayangkan surat undangan untuk dilakukan mediasi bersama beberapa perusahaan terkait permasalahan jalan, unit transportasi yang melebihi tonase. Jam operasional unit perusahaan yang tidak teratur, pertanyakan CSR yang dikeluarkan oleh perusahaan karena masyarakat tidak begitu merasakannya. Dan bagaimana nasib masyarakat yang terdampak oleh perusahaan tersebut, termasuk masalah ketenagakerjaan yang tidak mendahulukan masyarakat ring 1 yaitu masyarakat setempat.

Hasil kesepakatan mediasi yang digelar hari begitu menegangkan dan alot, dalam menghasilkan sebuah kesepakatan yang sekiranya berpihak kepada masyarakat yaitu,

1. Pihak perusahaan siap melakukan perbaikan jalan wilayah Dusun 2, Desa Perajin mulai dari jembatan lampu ISM hingga simpang gerbang PT RSA.

2. Pihak perusahaan siap mengatur jam operasional unit perusahaan agar tidak membuat resah masyarakat yang ingin melakukan kegiatan.

3. Pihak perusahaan siap mengatur daya tonase unit transportasinya yang mana 15 ton kebawah yang awalnya diatas 20 ton.

4. Pihak peruhaan siap untuk Mengeluarkan CSR dengan Lebih terbuka dan berpihak kepada masyarakat baik dalam bentuk apapun.

Baca Juga:  BRI Dukung Makorem 044/Gapo Dalam Mempermudah Komunikasi dan Publikasi

5. Pihak perusahaan siap untuk menyelesaikan dampak dari perusahaan yang dialami masyarakat.

6. Pihak perusahaan siap mempertimbangkan masalah ketenagakerjaan agar lebih mengutamakan masyarakat Ring 1.

Selanjutnya, terkait dengan hasil mediasi tersebut semuanya dalam pembahasan, karena masing – masing perwakilan dari perusahaan akan melaporkan terlebih dahulu hasil dari mediasi tersebut kepada pimpinan yang mereka anggap pengambilan sebuah keputusan dan kebijakan akan diputuskan pada hari senin,(10/6/2024) mendatang,

“kita tunggu apa hasil dari keputusan yang tertuang dalam bentuk surat tertulis,” ujar bung Geni yang mewakili MD3PB.

Namun apabila nanti setelah hari senin tidak ada keputusan yang jelas, maka pihaknya meyampaikan jangan salahkan apabila masyarakat bertindak.

“Lebih dari mediasi kami tidak bertanggung jawab, karena masyarakat hari ini sudah lelah dengan janji dan bualan belaka dan sangat merasa geram dengan beberapa perusahaan tersebut,” pungkasnya Bung Geni.

(Cha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *