Kapolres Banyuasin Siapkan Pengamanan Ketat Untuk Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati

Banyuasin # Beritapali.com – Menjelang proses pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin, Kepolisian Resor (Polres) Banyuasin telah mempersiapkan pengamanan secara maksimal untuk menjaga situasi tetap kondusif. Hal ini disampaikan oleh Kapolres Banyuasin, AKBP Ruri Prastowo, dalam wawancara eksklusif Media ReformasiRI.com, Selasa(27/08/2024).

Menurut AKBP Ruri Prastowo, pihak kepolisian telah melaksanakan apel gabungan yang melibatkan berbagai unsur, termasuk TNI, Dishub, PolPP, dan Pemadam Kebakaran, dengan total personel dari kepolisian mencapai sekitar 330 orang. “Kita persiapkan dari pagi sekitar pukul 10:30 WIB, masa apel yang saya pimpin tadi pagi dengan gabungan TNI, Polri, Dishub, PolPP, dan Pemadam Kebakaran,” ujar Kapolres. Beberapa titik pengamanan utama juga telah ditentukan, termasuk di KM 14 Talang Kelapa, Gedung Sedulang Setudung, Jalan Raya Palembang-Betung depan Masjid Jumuriah, serta di Kantor KPU Banyuasin.

Kapolres juga menekankan pentingnya koordinasi dengan berbagai pihak untuk menjaga agar proses pendaftaran berjalan lancar tanpa gangguan. “Kita koordinasi dengan KPU, kemudian koordinasi dengan LO (Liaison Officer) masing-masing Paslon untuk selalu menjaga ketertiban masa pendukungnya,” jelasnya. Beliau juga mengingatkan pentingnya mematuhi aturan lalu lintas selama konvoi dan mencegah penggunaan knalpot brong yang dapat mengganggu ketertiban.

Terkait antisipasi kemacetan, Kapolres menyampaikan bahwa secara umum, wilayah Banyuasin tidak menghadapi kendala besar terkait kemacetan. “Kalau secara umum di Banyuasin ini Insyaallah tidak ada kemacetan karena memang jalannya jalan lintas,” kata AKBP Ruri Prastowo.

Selain itu, langkah-langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya konflik juga telah disiapkan. “Saya selalu memberikan arahan kepada anggota, kita harus menjadi bagian dari kondusifitas ke masyarakat. Tidak bisa bekerja sendiri, harus mengajak peran serta masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan pemerintah daerah untuk sama-sama kita menjaga situasi di Kabupaten Banyuasin ini tetap aman dan damai,” tegasnya.

Baca Juga:  Terkait polemik aturan dan mekanisme pencalonan Kepala Desa di Kabupaten Pali, Ketua bidang Hukum dan Advokasi Hendro Saputra,SH angkat bicara. 

Menutup wawancara, Kapolres Banyuasin menghimbau masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada serentak. “Kita harus mengedepankan persatuan dan kesatuan bahwa kita sekarang sedang memilih pimpinan daerah di Kabupaten Banyuasin secara demokrasi. Kita harus laksanakan dengan gembira tetapi persatuan dan kesatuan tetap harus diutamakan, jangan sampai kita terpecah belah hanya karena berbeda pilihan,” tandas AKBP Ruri Prastowo.

Dengan persiapan yang matang dan koordinasi yang intensif, diharapkan proses pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin akan berjalan aman dan kondusif, sehingga dapat menjadi awal yang baik untuk pesta demokrasi di Kabupaten Banyuasin.(Runs/Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *