Jalan Khusus Batubara PT GIE Resmi Dioperasikan, Abraham: Perusahaan Juga Telah Melakukan Banyak Hal Untuk Masyarakat.

Beritapali.com – Jalan khusus Bertambangan Batubara milik PT Global Integra Energy (GIE) pada Senin 25 September 2023 resmi dioperasikan setelah melalui beberapa tahapan proses pembangunan yang dimulai sejak awal bulan Februari 2023 lalu.

Exif_JPEG_420

Peresmian Jalan khusus Pertambangan Batubara PT GIE dilakukan Gubernur Sumatera Selatan didampingi Bupati PALI Dr Ir H Heri Amalindo MM melalui Wakil Bupati PALI Drs H Soemarjono dihadiri juga Direktur Utama PT EPI, Setya Feriyanto.

Exif_JPEG_420

Jalan khusus pertambangan batubara milik PT GIE membentang di tiga desa dalam wilayah kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI, yakni Desa Karta Dewa, Sinar Dewa dan Panta Dewa.

 

Dengan diresmikannya jalan khusus pertambangan batubara tersebut melayani tiga perusahaan tambang batubara, yakni PT BSEE, PT BSE dan PT PEI menuju pelabuhan PT Energate Prima Indonesia (EPI) yang ada di Desa Prambatan kecamatan Abab.

 

Jalan sepanjang 13 Kilometer dengan lebar 15 meter memangkas mobilisasi angkutan batubara yang sebelumnya melintas di jalan umum.

 

 

Presiden Direktur PT GIE sekaligus Komisaris Utama PT EPI, Abraham Busro menyebut menyebut bahwa setelah jalan tersebut diresmikan, mobilisasi angkutan batubara di tiga perusahaan tambang tidak lagi melalui jalan umum.

 

“Jalan ini membentang sepanjang 13 kilometer lebar 15 meter. Dengan dioperasikannya jalan ini, mobilisasi tidak lagi melalui jalan umum,” ungkap Abraham.

 

Selain membangun jalan, Abraham juga menyebut pihaknya membangun jembatan sepanjang 30 meter.

 

“Untuk memperlancar arus mobilisasi angkutan batubara, kita juga bangun jembatan sepanjang 30 meter,” sebutnya.

 

Dengan diresmikannya jalan khusus pertambangan batubara tersebut, Abraham berharap selain mobilisasi angkutan batubara lebih lancar, juga perekonomian masyarakat sekitar wilayah kerja perusahaan bisa meningkat.

Baca Juga:  Sinyal Telkomsel Hilang, Masyarakat Mengadu Ke Kapolsek Tanah Abang.

 

“Jalan khusus ini juga kami harapkan membawa dampak bagi masyarakat sekitar. Membuka peluang usaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena kami dalam merekrut tenaga kerja mengutamakan SDM dari kabupaten PALI,” imbuhnya.

 

Diakui Abraham bahwa perusahaan juga telah melakukan pembangunan masjid Miftahul Jannah di desa Prambatan, pembelian lahan 1 hektare di Talang Betung desa Prambatan untuk pembangunan sekolah, Gedung Serbaguna di Desa Prambatan dan peningkatan jalan di desa Purun Timur Kecamatan Penukal sepanjang 3,5 kilometer.

 

“Upaya ini diharapkan bisa menambah erat sinergitas antara perusahaan, pemerintah daerah serta masyarakat,” harapnya.

 

Sementara itu, Wabup PALI menyampaikan apresiasi terhadap keseriusan PT GEI untuk membangun jalan sendiri.

 

“Kami sampaikan apresiasi, namun jangan lupa penuhi semua peraturan yang ada terutama rekapitalisasi lahan pertambangan dan jangan sampai mencemari lingkungan,” saran Wabup.

 

Liputan: Rahasmin Sawiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *