Ada yang Spesial pada Festival Sagarurung 2024? Yuk, Simak Infonya.

Pali, Beritapali.com — Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dijadwalkan akan kembali menggelar Festival Sagarurung. Dinas Koperasi dan UKM selaku penyelenggara menyampaikan Festival Sagarurung 2024 tersebut bakal digelar pada tanggal 25 – 27 Juli 2024 mendatang.

Berdasarkan pernyataan pada Jumat (19/07), saat dihubungi awak Media in, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM kabupaten PALI, Rohman, S.Pd., M.Pd mengatakan penyelenggaraan Festival Sagarurung 2024 ini menjadi sangat spesial dari pelaksanaan event tahun-tahun sebelumnya.

 

Menurut dia, pada puncak acara tersebut, pihaknya juga menyelenggarakan Peringatan Hari Koperasi Nasional yang ke – 77 tahun sebagaimana ditetapkan setiap tanggal 12 Juli.

 

“Apa yang menjadi spesialnya pada Festival Sagarurung yang ke – 3 tahun ini, PALI menjadi yang pertama kali sebagai tuan rumah puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional yang ke – 77 ditingkat Provinsi Sumatera Selatan,” kata Rohman.

 

“Kita rangkum dalam bentuk juga Festival Sagarurung yang ke – 3, karena antara UMKM dan Koperasi ini dia tidak bisa terpisahkan satu-kesatuan, Alhamdulillah tahun ini kitab bisa menyondingkan dua kerja dinas kita, Koperasi dan UKM,” Rohman menambahkan.

 

Dalam kesempatan itu, dia mengatakan bahwa event yang diselenggarakan sejak tahun 2021 itu bukan sekedar acara seremonial belaka, melainkan menurut dia, agar hasil dari pelaksanaan kegiatan tersebut akan menciptakan momentum luar biasa untuk menggerakan geliat perekonomian di kabupaten PALI yang nantinya akan bermuara kepada para pelaku usaha Koperasi dan UMKM untuk mencapai kesejahteraan.

 

 

“Maksud dan tujuannya, mungkin yang pertama untuk di kegiatan Festival Sagarurung ini menjadi sebuah promosi, promosi akan produk-produk UMKM yang ada di PALI. Yang kedua kita mendukung program pemerintah pusat ‘Garnas’ Gerakan Nasional yakni Bangga Buatan Indonesia. Kemudian terkait dengan hal Koperasi saat ini kita tahu bahwa Koperasi ini dalam ritmenya lumayan turun, kita ingin menggalakan lagi bahwa Koperasi ini memang betul untuk kesejahteraan. Jadi kaitannya kita akan membangun kembali Koperasi ini bagaimana mempunyai kembali seperti dahulu, dia tempatnya tersendiri lagi, dulu Koperasi itu Nge-TOP karena Koperasi ini merupakan produk asli Indonesia yang digagas oleh Bung Hatta dan menjadi Guru Bangsa, termasuk menjadi acuan negara lain, jadi kita harus bangga,” ujar Rohman.

Baca Juga:  Dinas Pendidikan Kabupaten PALI menggelar Gala Siswa Indonesia (GSI).

 

 

Menurut pria kelahiran Desa Betung Abab itu, dalam setiap penyelenggaraan Festival Sagarurung pihaknya akan terus meng-upgrade rangkaian kegiatan Festival di setiap tahunnya, tentunya kata dia, tahun 2024 ini salah satunya pihaknya menambahkan acara Peringatan Hari Koperasi Nasional.

“Kenapa kita angkat Koperasi, lagi-lagi Koperasi ini adalah untuk kesejahteraan bersama, berbeda dengan prinsip ekonomi lain yang mungkin keuntungannya hanya pribadi, kelompok, atau keluarga,” terang Rohman.

 

 

Selain itu, menurut dia, konsistensi event tersebut untuk memberikan pandangan positif kepada masyarakat di Sumatera Selatan maupun Indonesia, PALI akan lebih dikenal dengan kuliner khas-nya yakni ‘Ikan Asap Bumbu Sagarurung’.

Disisih lain, dia menyampaikan pesan moral agar semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan tersebut untuk mendukung ‘Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia’.

 

 

Lebih lanjut, dia mengatakan Festival Sagarurung 2024 bakal digelar di Halaman Parkir Stadion Gelora November Pertamina Pendopo Talang Ubi dengan serangkaian kegiatan menarik.

 

 

Dia menuturkan, di hari pertama, Kamis (25/7), acara dimulai Pukul 07.30 WIB akan dilaksanakan upacara bendera. Kemudian setelah itu, kata dia, penampilan Tari Serepat Serasan yang dilanjutkan kata sambutan dari Pj Gubernur Sumatera Selatan dan laporan kegiatan yang akan disampaikan oleh Bupati PALI dilanjutkan Launching Kegiatan Festivel Sagarurung Volume III, Pemberian Penghargaan/Hadiah dan Bantuan, Pembagian Simbolis Serfikat Tanah Warga, Penandatanganan Nota Kesepahaman, Lomba Cerdas Cermat Tangkas Koperasi Jenjang SMA Sederajat Se – Sumatera Selatan, dan Istirahat, sholat, dan makan Siang (Ishoma).

 

 

Setelah Ishoma Pukul 13.00 WIB, terang dia, acara melanjutkan Lomba Cerdas Cermat Tangkas Koperasi Jenjang SMA Sederajat Se – Sumatera Selatan, setelah Ishoma sore, kegiatan akan ditutup pelaksanaan Lomba Tangkas Antar Pengurus Koperasi, dan selesai Pukul 17.00 WIB.

Baca Juga:  Polres Pali melalui Polsek Talang Ubi hadiri sosialisasi kegiatan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat.

 

Lanjut dia, pada hari ke – 2, acara akan diisi oleh Dinas Kooperasi dan UKM kabupaten PALI menggelar Lomba Masak Kuliner Sumatera Selatan, Seminar/Talkshow Legalitas dan Kemitraan UMKM Sagarurung. Pada Panggung berbeda, Dinas Lingkungan Hidup kabupaten PALI menggelar Lomba Fashion Show 3R dan Puisi Dalam Peringatan Hari Pekan Lingkungan Hidup Sedunia.

 

 

Pada hari terakhir, Sabtu (27/7), ujar dia, Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) kabupaten PALI dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kabupaten PALI akan menghibur masyarakat PALI. KORMI menggelar Lomba Permainan Tradisional, sementara KNPI menggelar Jalan Santai, Pembagian Door Prize, Donor Darah, Hiburan, Talkshow Barista dan Kopi.

 

 

Pada kesempatan itu, Rohman mengharapkan dukungan dari semua pihak dan seluruh elemen masyarakat PALI agar Festival Sagarurung 2024 dapat berjalan sukses sesuai dengan yang direncanakan.

 

 

“Kami pihak penyelenggara tidak bisa berdiri sendiri untuk menyukseskan Festival Sagarurung 2024. Kami meyakini bahwa support dari masyarakat PALI akan menjadi kunci kesuksesan event ini, dan Festival Sagarurung akan mengharumkan nama PALI,” tutupnya.

 

 

Sementara, Bupati PALI Dr. H. Heri Amalindo, MM turut menyuarakan dukungannya untuk menyukseskan Festival Sagarurung 2024.

“Kami mendukung penuh acara ini, tidak hanya agar sukses dalam penyelenggaraannya, namun juga keberlanjutannya mas yang akan datang. Kami berharap kontribusi kami dapat memajukan kesuksesan Festival Sagarurung 2024. Kami berharap event seperti ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat pelaku usaha Koperasi dan UMKM dan semakin meningkatkan trend positif perekonomian PALI ,” kata Heri.

 

(Rahasmin/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *