Wakapolda Sumsel Tup latkatpuan Cegah Karhutla dan PAM VVIP OMB 2024

PALEMBANG #Beritapali.com  – Tahun 2024 dua agenda penting di Sumsel di prediksi akan terjadi yang menjadi perhatian pemerintah dan petugas kepolisian. Agenda penting tersebut kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan pilkada serentak pemilihan gubernur, bupati dan walikota.

Guna mengantisipasi hal yang tidak di inginkan polda sumsel mengadakan pelatihan dan pengawalan VIP Cagub dan Cawagub dalam rangka operasi Praja Musi 2024 serta pelatihan penanganan karhutla.

Pelatihan di gelar selama dua (2) hari sejak 24-26 Juli 2024 diikuti ratusan personil Polri, Tni dan Instansi terkait, penutupan kegiatan di laksanakan sabtu, (27/07/2024), pagi oleh Wakapolda Sumsel Brigjen M.Zulkarnain di Jakabaring Sport City Palembang.

Wakapolda Sumsel Brigjen Zulkarnain mengatakan, pengamanan VIP ini harus dilakukan dan diterapkan kepada personel, sehingga nanti calon kepala daerah dan wakil kepala daerah diamankan.

“kita cek disini, mulai dari kemampuan personil, kesiapan anggota, peralatan dan hubungan dengan instansi terkait. Sehingga mereka ini baik saat melakukan pengawalan terhadap calon kepala daerah dan wakil kepala daerah,” kata Alumni Akpol 94

Lanjutnya, untuk karhutla pihaknya dan instansi terkait berupaya melatih anggota untuk membantu dan menggalangi dalam kebakaran hutan dan lahan.

“Diketahui sendiri di wilayah kita sangat luas, terutama di wilayah gambut kita, tetapi kita akan berupaya apabila ada api kita segera lakukan pemadaman,” tegasnya.

Lebih jauh Wakapolda Sumsel mengatakan, jika tidak dilakukan pelatihan ini, maka anggota tidak kenal dengan peralatan ini.

“Sudah kita lihat tadi anggota dari Manggala melatih personel polri dan TNI, sehingga nanti dilapangan nanti bisa mengunakan peralatan ini,” ungkapnya.

Sambungnya, pelatihan ini juga guna mempersiapkan personil dalam dua agenda penting 2024. Selain itu, sebagai antisipasi mengatasinya agar dua agenda penting tersebut berjalan aman lancar dan sukses.

Baca Juga:  Perihal Sengketa Lahan, Sudah 3 Kali Pertemuan, Masyarakat Desa Padang Lengkuas Belum Terima Kepastian Dari BPN Kanwil Sumsel 

“Ini sebagai antisipasi kita guna melaksanakan tugas dan personil yang siap terlatih dan profesional sesuai dengan peran dan tugasnya,” katanya.

Penutupan pelatihan juga digelar simulasi pengamanan dan pengawalan VIP Cagub dan Cawagub serta penanganan karhutla. Dalam simulasi yang diperagakan peserta di tampilkan cara menangani dan pengawalan serta penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Ditempat yang sama Kabag Binkar Ro SDM Polda Sumsel AKBP Dili Yanto SIK,MH saat dimintai keterangan wartawan mengatakan Alhamdulillah Luar biasa, pelatihan penanggulangan Karhutla yang digelar Polda Sumsel selama tiga hari , insyaallah kegiatan ini,menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam upaya Polda Sumsel dalam menghadapi dan menanggulangi kebakaran lahan hutan dan perkebunan wilayah Sumatera Selatan ucap Mantan Kapolres Ogan Komering Ilir (OKI).

(Cha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *